Ini 10 Film Fiksi Ilmiah dengan Penghasilan Terbesar di Dunia, Marvel Nomor Satu


Naviri Magazine - Film fiksi ilmiah adalah genre yang luas dan terdiri dari beberapa sub-genre. Genre ini membahas konsep teknologi ilmiah yang belum ada, dan bagaimana mereka dapat melakukannya.

Hal tersebut juga dapat mempengaruhi masa depan dan kehidupan sehari-hari. Dua film yang memenuhi genre ini adalah Star Wars dan Hunger Games. Film Star Wars menggabungkan sains dengan elemen fantasi, sementara Hunger Games menyajikan cerita distopia tentang masa depan yang tidak menjanjikan.

Film-film demikian biasanya sangat digemari oleh banyak orang, lantaran jalan ceritanya yang terkesan sangat logis. Tak mengherankan, beberapa film fiksi ilmiah pun memiliki penghasilan tertinggi pada tahun tertentu. 

Berikut beberapa daftarnya, seperti dilansir di laman Screen Rant:

1. Film-film dari Marvel Cinematic Universe (22,6 miliar dolar AS)

Tidak semua orang menjadi penggemar puluhan film yang tersaji dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, tak diragukan lagi, MCU adalah contoh utama dari bagaimana kegiatan 'mendongeng' yang direncanakan dan terstruktur dengan baik. 

Catatan box office yang fenomenal adalah buktinya. Dari 23 film, MCU telah menghasilkan lebih dari 22,6 miliar dolar AS (Rp 326 triliun).

2. Star Wars (10,3 miliar dolar AS)

Film Star Wars pertama kali dirilis pada 1977 dan menggemparkan dunia. Ini membuktikan dirinya sebagai salah satu narasi paling epik dan ekspansif yang diceritakan dalam beberapa tahun terakhir. 

Kecuali satu, keempat angsuran terakhir dalam waralaba ini telah meraup lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp 14 triliun), bahkan 2 miliar dolar AS (Rp 28 triliun) untuk film Star Wars: The Force Awakens.

3. Jurassic Park/World (5 miliar dolar AS)

Dengan pendapatan kotor lebih dari 900 juta dolar AS (Rp Rp 13 miliar) pada saat dirilis pada 1993, Jurassic Park menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa. Dua sekuel dirilis pada tahun-tahun berikutnya.

Setelah itu waralaba mengalami jeda selama 14 tahun, lalu kembali pada 2015 dengan Jurassic World. Dikombinasikan dengan sekuelnya, Fallen Kingdom, dua film itu sendiri menghasilkan hampir 3 miliar dolar AS (Rp 43 triliun). 

4. Transformers (4,8 miliar dolar AS)

Film waralaba fiksi ilmiah tentang robot luar angkasa yang dapat berubah menjadi kendaraan ini selalu berhasil menghasilkan ratusan juta. Entri ketiga dan keempat keduanya telah melewati angka 1 miliar dolar AS (Rp 14 triliun).

5. The Hunger Games (2,9 miliar dolar AS)

Keberhasilan film tersebut membawa bintang utamanya, Jennifer Lawrence, sampai ke Guinness World Records sebagai pahlawan wanita film aksi dengan pendapatan kotor tertinggi pada 2015.

Selain kelima judul tersebut, ada juga film-film fiksi ilmiah lain di posisi berikutnya, yakni Avatar dengan 2,8 miliar dolar AS; Star Trek dengan pendapatan 2,3 miliar dolar AS, Planet of the Apes dengan 2,1 miliar dolar AS; The Terminator dengan 2 miliar dolar AS, dan The Matrix 2,1 miliar dolar AS.

Related

Film 4975431515447152950

Recent

item