Ini 10 Kota dengan Harga Kopi Termahal di Dunia, Termasuk Jakarta


Naviri Magazine - Kopi menjadi salah satu minuman populer di seluruh dunia. Popularitas tersebut membuat harga kopi bervariasi di seluruh dunia. Berikut daftar kota di dunia dengan harga secangkir kopi termahal.

Banyak orang menikmati secangkir kopi di pagi hari. Secangkir kopi di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kewaspadaan untuk menjalani aktivitas harian.

Di Indonesia, tren kopi berangsur naik dalam beberapa tahun ke belakang. Berbagai tren terkait kopi sempat mampir di Indonesia.

Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi dengan varian yang berlimpah. Harga umumnya ditentukan berdasarkan kualitas kopi tersebut.

GO Banking Rate merilis daftar harga-harga kopi di seluruh dunia. Secara luas, studi ini mempelajari tingkat biaya hidup global dari UBS di 77 kota di dunia.

Studi ini juga mengungkap harga secangkir kopi di 77 kota tersebut, yang ditemukan sangat bervariasi. Jakarta menjadi salah satu kota dengan harga secangkir kopi yang terbilang mahal.

Berikut 10 kota di dunia dengan harga kopi termahal.

1. Kopenhagen, Denmark

Cuaca dingin membuat Denmark menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Harga secangkir kopi di Kopenhagen mencapai US$6,24 atau sekitar Rp87 ribu.

Namun, jangan harap Anda bisa menemukan kopi-kopi fancy layaknya di Indonesia. Orang-orang Skandinavia lebih menyukai kopi hitam yang padat.

2. Dubai, UEA

Kopi menjadi bagian yang populer dalam budaya ramah tamah masyarakat Timur Tengah. Uni Emirat Arab, khususnya Dubai, menjadi yang pertama di kawasan Timteng yang membudayakan minum kopi.

Harga secangkir kopi di Dubai mencapai US$5,70 atau sekitar Rp80 ribu. Kopi biasanya dikonsumsi dalam bentuk pekat dengan campuran rempah-rempah seperti kapulaga.

3. Shanghai, China

Selama ribuan tahun, teh memang menjadi minuman populer di China. Kopi baru berkembang menjadi industri pada akhir tahun 1980-an, saat pemerintah China melakukan upaya untuk menopang industri kopinya dengan bantuan dari Bank Dunia dan program pembangunan PBB.

Untuk waktu yang lama, masyarakat China cukup puas dengan mencecap kopi instan. Namun, berkat kehadiran Starbucks dan para generasi muda, minuman kopi jadi lebih kompleks. Kini, harga secangkir kopi di Shanghai mencapai US$4,60 atau sekitar Rp64 ribu.

4. Moskow, Rusia

Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Rusia mungkin sudah berakhir. Tapi, 'perang kopi' tampaknya berlangsung di antara keduanya. Kopi jenis Americano yang populer kini disebut dengan istilah 'Russiano' di sejumlah kedai kopi di Rusia.

Harga secangkir kopi di Moskow mencapai US$4,31 atau sekitar Rp60 ribu.

5. Paris, Prancis

Paris dikenal dengan deretan kafenya yang eksotis. Un cafe adalah jenis kopi berupa espresso yang paling umum di Paris.

Perlu diketahui, orang Prancis tak suka meminum latte dengan kehadiran banyak busa. Mereka lebih senang meminum cafe au lait, yang merupakan kopi dengan susu yang dikukus.

Harga secangkir kopi di Paris mencapai US$4,13 atau sekitar Rp58 ribu.

6. Jakarta, Indonesia

Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia. Namun, budaya minum kopi di kafe baru berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia bertanggung jawab atas popularitas kopi luwak, yang dianggap sebagai kopi termahal di dunia. Dengan begitu, harga secangkir kopi di Indonesia masih terbilang mahal.

Harga secangkir kopi di Jakarta mencapai US$4,10 atau sekitar Rp57.600.

7. Tel Aviv, Israel

Sejak 1950-an, saat Mordechai Shor mulai memproduksi mesin espresso Israel pertama, yang disebut 'La Favorita', budaya kopi Israel berkembang pesat. Masyarakat Israel menikmati kopi yang lebih dekat dengan budaya kopi Eropa, terutama Italia.

Harga secangkir kopi di Tel Aviv mencapai US$4,09 atau sekitar Rp57.500.

8. Athena, Yunani

Yunani menempati urutan ke-17 daftar negara dengan tingkat konsumsi tertinggi. Kedai kopi di Yunani umumnya menyajikan kopi Turki, yang merupakan negara tetangganya.

Harga secangkir kopi di Athena bisa mencapai US$3,98 atau sekitar Rp56 ribu.

9. Oslo, Norwegia

Sama seperti Denmark, cuaca dingin membuat Norwegia menempati urutan ke-2 daftar negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Sebelum kedai kopi besar seperti Starbucks hadir, masyarakat Norwegia lebih suka meminum kopi di rumah.

Harga secangkir kopi di Oslo mencapai US$3,88 atau sekitar Rp54 ribu.

10. Dublin, Irlandia

Kopi menjadi bagian dari rutinitas harian masyarakat Irlandia. Di awal-awal perkembangannya, masyarakat cukup senang meminum kopi instan yang biasa dibeli di supermarket.

Kemudian budaya itu berubah saat jaringan kopi besar seperti Starbucks masuk ke Irlandia. Teranyar, Irlandia kini dipenuhi kedai-kedai kopi kecil yang fancy, menyajikan kopi spesial buatan tangan. 

Harga secangkir kopi di Dublin mencapai US$3,59 atau sekitar Rp50 ribu.

Related

World's Fact 6157088332669720634

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item