Ini 10 Tips Menghemat Uang di Masa Pandemi yang Entah Kapan Berakhir (Bagian 1)


Naviri Magazine - Di masa pandemi seperti sekarang, penting bagi kita untuk berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Selain kegiatan perkantoran dan pekerjaan lainnya tersendat, naiknya harga barang menjadi alasan kita harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. 

Karena itu penting untuk berpikir sebelum membeli sesuatu, agar tidak terjadi pemborosan. Ada 10 tips agar kita tetap berhemat dalam masa pandemi ini. 

Beli Makanan yang Tahan Lama

Di masa pandemi dimana pemerintah memberlakukan larangan untuk tidak keluar rumah kecuali darurat benar-benar membuat hidup semakin runyam. Beberapa tempat belanja seperti supermarket, mini market, dan pasar pun ada banyak yang ditutup. Kalau pun dibuka, jam bukanya pun dibatasi. Tidak bisa buka terlalu lama.

Untuk itu kita sebagai orang harus pintar-pintar dalam berbelanja karena kesempatan berbelanja tidaklah sebebas dulu. Ketika kesempatan belanja ini ada, manfaatkan untuk belanja keperluan yang penting. 

Misalnya yang dibeli adalah bahan makanan dan minuman. Belilah bahan makanan dan minuman yang memang memiliki umur panjang. Karena kita tidak tahu kapan masa pandemi ini berakhir.

Matikan Alat Elektronik Jika Tak Dipakai

Pandemi covid-19 benar-benar berdampak pada perekonomian seseorang. Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan banyak negara yang juga terkena virus corona ini mengalami krisis. Krisis kesehatan dan juga ekonomi. Apabila ingin tetap bertahan hidup di situasi yang tidak menyehatkan ini, semua hal harus dihemat, termasuk penggunaan listrik.

Listrik harus dihemat supaya kita tidak perlu sering-sering keluar rumah dan bertemu dengan orang lain. Kita tidak tahu orang lain yang kita temui berada dalam kondisi sehat atau tidak. 

Jadi, kalau ada alat elektronik yang tidak digunakan lebih baik dimatikan. Lampu ruangan yang tidak dipakai, televisi, radio, AC, dan barang elektronik lainnya yang tidak terpakai, dimatikan saja.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Meski sudah berupaya berhemat dengan mematikan peralatan listrik yang tidak dipakai, sulit rasanya untuk mematikan semua lampu yang ada di rumah. Karena tidak semua ruangan mendapat akses cahaya matahari sehingga mau tidak mau tetap harus menggunakan lampu. Untuk mengakalinya, ganti lampu biasa dengan lampu yang hemat listrik.

Lampu yang hemat listrik sekarang sudah banyak dijual dan mudah ditemukan. Harganya pun cukup bervariasi. Ada yang murah dan ada yang lebih mahal dari lampu biasa. 

Namun daya listrik yang digunakan jauh lebih kecil daripada lampu biasa. Dan nyalanya tetap terang. Ganti seluruh lampu biasa di rumah dengan lampu hemat energi. Siapkan juga cadangannya agar kalau mati bisa langsung diganti.

Beli Sayur dan Simpan di Lemari Pendingin

Masih berkaitan dengan belanja bahan makanan. Selain membeli bahan makanan yang bisa tahan lama, kita pasti juga membeli bahan makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan bukan. Sayuran dan buah-buahan apabila salah menyimpannya malah akan membuatnya cepat basi dan busuk. Alhasil buang-buang uang, pemborosan.

Perlu menyimpan sayuran dan buah-buahan di tempat yang tepat yakni lemari es atau pendingin. Masukkan ke dalam wadah atau plastik khusus lalu taruh ke dalam lemari pendingin. Dipisahkan seperti ini agar baunya tidak tercampur dan lebih tahan lama. Penuhi juga lemari pendingin dengan makanan lainnya agar tidak perlu belanja di luar lagi.

Minimalisir Mencuci Pakaian, Jemur Kalau Bisa

Di masa pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih perduli lagi dengan yang namanya kebersihan. Memang sudah lama kita cuek dengan hal satu ini. Padahal dengan menjaga kebersihan, kita jadi lebih sulit untuk diserang oleh penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan mencuci pakaian.

Untuk di masa sekarang, mencuci pakaian yang kotor memang penting. Apalagi pakaian yang sudah dipakai dari luar rumah yang pastinya ada banyak hal kotor yang menempel di baju jadi harus segera dicuci. 

Tapi kalau baju yang memang hanya dipakai di rumah saja, lebih baik tunda dulu rencana mencucinya. Usahakan dijemur saja di bawah terik matahari. Kalau memang pakaian bekas keluar rumah barulah dicuci.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tips Menghemat Uang di Masa Pandemi yang Entah Kapan Berakhir (Bagian 2)

Related

Tips 7269655844705844577

Recent

item