Ini 10 Tips Menghemat Uang di Masa Pandemi yang Entah Kapan Berakhir (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Tips Menghemat Uang di Masa Pandemi yang Entah Kapan Berakhir - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Turunkan Suhu Air Panas

Siapa disini yang di rumahnya mandi menggunakan air panas? Mandi air panas memang dipercaya banyak memberikan manfaat kesehatan. Nah, untuk membuat air menjadi panas pastinya membutuhkan teknologi yang namanya water heater atau pemanas air. Alat ini bisa berfungsi dengan baik apabila terhubung dengan listrik.

Di masa krisis seperti ini dimana keuangan harus dihemat, mandi air panas juga sebaiknya dikurangi suhunya. Untuk mendapatkan suhu air yang tinggi, maka konsumsi listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Agar tetap bisa menikmati air panas namun tetap hemat, turunkan suhunya sedikit agar listrik yang terpakai lebih sedikit.

Cuci Pakaian Dalam Jumlah Banyak

Mencuci baju yang sudah dipakai keluar rumah memang penting. Karena di luar rumah tidak tahu ada bakteri jahat apa yang menempel pada baju sehingga harus segera dicuci. Tapi kalau setiap keluar rumah harus langsung ganti baju dan mencucinya pasti akan boros. Tidak hanya boros air, sabun, dan juga listrik bagi yang menggunakan mesin cuci.

Jadi perlu diakali sedemikian rupa agar pakaian kita tetap bersih namun tetap hemat. Caranya adalah menumpuk pakaian yang kotor dalam jumlah banyak baru dicuci sekaligus. Pakaian yang kotor untuk sementara waktu dipisahkan di suatu tempat sampai tiba waktunya dicuci secara bersamaan. Dengan ini akan menghemat air, sabun, dan listrik sekaligus.

Tumpuk Piring Bekas Makan Sampai Banyak, Baru Cuci

Karena untuk bisa bertahan hidup manusia butuh yang namanya makan, sulit rasanya untuk puasa dalam jangka waktu yang tak jelas hanya untuk alasan berhemat. Ujung-ujungnya pasti kita akan makan. Karena dengan makan terutama makan makanan yang bergizi, maka daya tahan tubuh kita akan meningkat dan sulit jatuh sakit.

Sama seperti mencuci baju, mencuci piring juga sebaiknya dilakukan secara sekaligus, jangan dicuci satu per satu. Mencuci piring secara satuan justru akan buang-buang sabun dan juga air. Usahakan makan secara bersama lalu piring bekas makan dikumpulkan menjadi banyak dan baru dicuci. Otomatis penggunaan air juga akan semakin irit.

Siapkan Cadangan Makanan di Lemari Pendingin

Tidak ada yang tahu kapan masa pandemi ini akan berakhir. Semenjak virus corona penyebab Covid-19 ini muncul di awal tahun 2020, sekarang sudah setahun namun belum ada kejelasan kapan wabah ini berakhir. 

Agar meminimalisir kemungkinan terkena Covid-19, maka aktivitas di luar rumah harus dikurangi. Berbelanja bahan pangan juga harus dibatasi. Padahal membeli bahan makanan penting untuk bisa bertahan hidup.

 Jadi solusinya adalah dengan membeli makanan dalam jumlah banyak dan disimpan di lemari pendingin. Pastikan tanggal kadaluarsa dari makanan yang dibeli juga masih panjang.

Buat Kopi Sendiri

Sekarang ini kopi sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak minum kopi, tidak semangat menjalani hari. Bahkan tidak cuma jadi minuman di pagi hari, bahkan di siang, sore, maupun malam juga ada orang yang tetap minum kopi. Seakan minuman di dunia hanya ada kopi saja. Makanya sekarang semakin menjamur pula cafe yang menjual aneka macam jenis kopi.

Tapi karena aktivitas kumpul-kumpul, cafe, dan restoran mulai dibatasi, sulit untuk bisa menikmati kopi dengan santai dan tenang. Agar tetap bisa menikmati kopi, bisa diatasi dengan membeli bahan pembuat kopi dan menyeduhnya sendiri di rumah. 

Selain lebih aman dari ancaman Covid-19, membuat kopi sendiri di rumah juga lebih hemat. Jika hasilnya enak dan pandemi selesai, siapa tahu malah bisa membuka usaha kopi.

Related

Tips 2373839913229309136

Recent

item