Ini 13 Ciri Orang Introvert, Menurut Pakar


Naviri Magazine - Pemilik kepribadian introvert sering disebut sebagai orang yang anti sosial. Penyebabnya karena lebih senang menyendiri dan tidak suka berbaur di keramaian. Benarkah demikian? 

Sekilas, terlihat mudah mengenali orang introvert jika hanya dilihat dari ciri 'suka menyendiri'. Nyatanya, menurut Sophia Dembling, penulis The Introvert's Way: Living a Quiet Life in a Noisy World, mengenali orang introvert tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sophia mengatakan, seseorang sering kali tidak menyadari bahwa dirinya introvert. Apalagi jika dia tidak merasa dirinya pemalu. Karena introvert lebih dari sekadar suka menghabiskan waktu sendirian.

Jadi, apakah kamu termasuk pemilik kepribadian introvert? Untuk mengetahuinya, berikut 13 ciri introvert yang perlu kamu tahu:

1. Sering Merasa Sendirian di Tengah Keramaian

Pernah merasa seperti orang luar di tengah kegiatan kelompok, atau ketika berkumpul dengan orang lain, bahkan dengan orang yang kamu kenal? "Jika kamu cenderung merasa sendirian di tengah keramaian, kamu mungkin seorang introvert," kata Sophia Dembling, seperti dikutip dari Huffington Post.

2. Mudah Teralihkan

Sementara ekstrovert cenderung mudah bosan ketika tidak memiliki cukup pekerjaan, pemilik kepribadian introvert justru sebaliknya. Ciri orang introvert, menurut peneliti Clark University dalam makalah yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, justru mudah terganggu dan kewalahan di lingkungan dengan stimulasi yang berlebihan.

3. Memperhatikan Detail yang Tidak Diperhatikan Orang Lain

Orang introvert sering kali memperhatikan secara detail hal-hal yang mungkin luput dari orang lain di sekitar mereka. Penelitian telah menemukan bahwa introvert menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat memproses informasi visual, dibandingkan dengan ekstrovert.

4. Selektif dalam Menjawab Panggilan Telepon

Ciri introvert, mereka tidak akan mengangkat telepon bahkan dari orang yang mereka sukai atau orang yang mereka kenal. Tetapi mereka akan menelepon balik segera setelah mereka siap secara mental, dan telah mengumpulkan energi untuk mengobrol.

5. Lebih Suka Menjadi Ahli dalam Satu Hal daripada Mencoba Semuanya

Orang introvert cenderung fokus pada satu hal. Mereka akan memikirkan secara mendalam satu hal itu. Menurut penulis The Introvert Advantage; The Hidden Gifts of the Introverted Child; and The Introvert and Extrovert in Love, Dr. Marti Olsen Laney, introvert suka mempelajari sesuatu secara intens dan mengembangkan keahliannya.

6. Memberikan Ceramah di Depan 500 Orang Tidak Terlalu Membuat Introvert Stres, Dibanding Harus Bergaul dengan Orang-orang Itu Sesudahnya

Introvert bisa menjadi pemimpin dan pembicara publik yang hebat, meskipun mereka distereotipkan sebagai orang yang sangat pemalu. Meski dikategorikan introvert, mereka tidak serta merta menghindar dari sorotan. 

Selebriti seperti Lady Gaga, Christina Aguilera, dan Emma Watson, semuanya mengidentifikasikan diri sebagai introvert, dan diperkirakan 40 persen CEO memiliki kepribadian introvert. Dan para pemilik kepribadian introvert mungkin lebih kesulitan bertemu dan menyapa sekelompok besar orang secara individual, dibandingkan dengan tampil di depan mereka.

7. Menutup Diri Setelah Terlalu Lama Aktif

Apakah kamu mulai lelah dan tidak responsif setelah terlalu lama bepergian? Itu mungkin karena kamu mencoba menghemat energi. Menurut Sophia Dembling, semua yang dilakukan introvert di dunia luar menyebabkan mereka mengeluarkan energi. Setelah itu mereka harus kembali dan mengisi kembali energi mereka di lingkungan yang tenang.

8. Introvert Suka Menjalin Hubungan dengan Ekstrovert

Seseorang akan tertarik dengan orang yang memiliki kepribadian berlawanan dengannya. Dan introvert akan tertarik pada ekstrovert yang mendorong mereka untuk bersenang-senang dan tidak terlalu serius.

"Introvert terkadang tertarik pada ekstrovert karena suka bersenang-senang dengan mereka," kata Dembling.

9. Pergi ke Pesta Tetapi Tidak untuk Bertemu Orang

Seorang introvert yang dikenal penyendiri juga suka pergi ke pesta. Namun tujuan mereka bukan untuk bertemu orang-orang. Pada sebuah pesta, introvert lebih suka menghabiskan waktu dengan orang yang mereka kenal dan merasa nyaman dengannya.

10. Suka Berbicara Dengan Diri Sendiri

Dr. Marti Olsen Laney mengatakan, orang ekstrovert tidak memiliki pembicaraan dengan diri sendiri seperti orang introvert. "Kebanyakan introvert perlu berpikir dulu, dan baru berbicara kemudian," katanya.

11. Introvert Disebut 'Old Soul'

Orang introvert kadang disebut old soul karena kebijaksanaannya dalam berpikir. Hal itu karena, menurut Sophia Dembling, pemilik kepribadian introvert selalu lebih dulu mengamati dan mengambil banyak informasi sebelum bertindak. Mereka berpikir sebelum berbicara. Hal inilah yang membuat mereka terlihat bijaksana di mata orang lain.

12. Fokus pada Gambaran Besarnya Dibanding Detail

Cara berpikir para introvert, mereka lebih tertarik pada ide dan gambaran besarnya daripada fakta dan detail. Tentu saja, banyak introvert unggul dalam tugas-tugas yang berorientasi pada detail, tetapi mereka juga sering memikirkan konsep yang lebih abstrak.

13. Seorang Penulis

Introvert sering kali lebih baik dalam berkomunikasi secara tertulis daripada secara langsung. Kebanyakan introvert seperti penulis 'Harry Potter', J.K. Rowling, mengatakan bahwa mereka merasa paling kreatif ketika punya waktu untuk menyendiri dengan pikiran mereka.

Itulah 13 ciri introvert menurut para pakar. Kamu yang merasa memiliki kepribadian introvert, apakah punya ciri-ciri di atas? Atau kamu yang belum mengetahui secara pasti apakah kepribadianmu introvert atau ekstrovert, ciri-ciri introvert di atas semoga bisa membantumu menentukan.

Related

Psychology 4988115029877922904

Recent

item