Ini 4 Hal Penting yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Lamaran Kerja (Bagian 1)


Naviri Magazine - Apa yang paling penting dalam sebuah surat lamaran pekerjaan? Tentunya kita tahu bahwa sebuah surat lamaran pekerjaan ditulis dan disusun dengan tujuan untuk memperkenalkan diri kita beserta seluruh potensi, prestasi dan kualifikasi yang kita miliki, yang ending-nya adalah memperoleh pekerjaan yang dilamar atau terpilih sebagai orang yang diterima dalam sebuah pekerjaan yang ditawarkan.

Karena surat lamaran adalah sesuatu yang amat penting (kaitannya dengan pekerjaan yang kita inginkan), maka tentu saja membuat surat lamaran memerlukan keseriusan dan tingkat konsentrasi agar hasilnya benar-benar maksimal serta dapat mengantarkan kita pada tujuan mendapatkan pekerjaan. 

Namun ada kalanya kita tak bisa meluangkan banyak waktu untuk itu, dan tidak jarang kita mengalami saat-saat kritis semacam ini. Jadi, bisa saja suatu hari tanpa sengaja kita menemukan sebuah lowongan kerja di sebuah iklan atau pemberitahuan yang terdapat di koran, di internet, atau informasi dari teman. 

Kita tertarik dengan informasi lowongan kerja itu, namun kita terbentur pada batas waktu yang begitu mepet. Batas pengiriman surat lamaran tinggal beberapa hari lagi, atau mungkin lebih parah; tinggal besok pagi.

Apa yang harus kita lakukan?

Pilihan pertama; kita bisa saja melupakannya, dan berharap suatu saat nanti dapat menemukan informasi atau lowongan lain yang juga sama menariknya. Namun jika itu yang kita pilih, maka hasilnya adalah gambling; kita bisa saja menemukan iklan atau lowongan yang seperti itu, atau tidak sama sekali. Yang jelas, kita telah kehilangan kesempatan dan peluang karena keterlambatan memperoleh informasi.

Nah, pilihan kedua; kita bisa mengejar lowongan itu, meski dengan waktu yang mepet dan mungkin terburu-buru. Kalau pilihan ini yang kita pilih, maka kita mengejar kesempatan, memburu peluang, dan hasilnya bisa diharapkan. Setidaknya, kalau pun kemudian gagal, kita sudah merasa puas hati karena telah berusaha untuk mencoba.

So, kalau kita memilih pilihan yang kedua, yakni mengejar lowongan itu, maka tentu saja kita harus membuat surat lamarannya, meskipun mungkin dengan terburu-buru. Kalau ini terjadi, maka jangan buru-buru panik. 

Yang penting, ingat selalu empat hal penting yang harus ada dalam sebuah surat lamaran. Selama kita masih memasukkan empat hal penting ini ke dalam surat lamaran kita, maka setidaknya kita masih bisa berharap lamaran itu goal—meskipun dibuat dengan terburu-buru. Empat hal penting itu adalah: 

Data diri atau identitas diri

Ingat, sebuah surat lamaran dibuat dengan tujuan untuk mengenalkan diri kita. Karenanya, sekacau-balau apapun proses pembuatannya, jangan pernah lupakan faktor penting ini. Ingat selalu untuk menuliskan data diri atau identitas diri kita selengkap-lengkapnya dalam surat lamaran yang kita susun.

Data diri atau identitas diri itu meliputi:
  • Nama Lengkap 
  • Tempat dan Tanggal Lahir 
  • Alamat 
  • Telepon dan/atau HP 
  • E-mail (tidak harus, tapi sebaiknya ada) 
  • Status Perkawinan 

Dengan pencantuman data diri yang lengkap tersebut, kita telah memberikan semacam ‘salam’ kepada pihak perusahaan yang kita lamar itu yang memperkenalkan diri kita. 

Baca lanjutannya: Ini 4 Hal Penting yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Lamaran Kerja (Bagian 2)

Related

Tips 8565229281377791185

Recent

item