Ini 4 Hal yang Tak Boleh Dilupakan dalam Lamaran Kerja (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 4 Hal yang Tak Boleh Dilupakan dalam Lamaran Kerja - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sekadar catatan; perusahaan yang membutuhkan banyak karyawan baru biasanya akan mengumumkan pemanggilan dan penerimaan karyawan barunya itu dengan menggunakan media massa untuk pemberitahuan. Namun lowongan yang hanya membutuhkan satu atau dua karyawan biasanya hanya akan menggunakan panggilan pribadi terhadap si pelamar dengan melalui telepon atau e-mail.

Data pendidikan

Selain data diri atau identitas diri, faktor penting lain dalam sebuah surat lamaran adalah adanya data menyangkut pendidikan yang telah atau pernah kita tempuh. 

Data pendidikan yang kita cantumkan di surat lamaran itu mencakup pendidikan formal, ataupun juga pendidikan nonformal (kursus atau pelatihan). Pendidikan formal misalnya SD / SMP / SMA / Akademi / S1, dan sebagainya, sedangkan pendidikan nonformal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah diikuti, semisal kursus komputer, diklat jurnalistik, dan sebagainya.

Pencantuman data menyangkut pendidikan ini sangat penting untuk dicantumkan dalam surat lamaran, karena melalui keterangan inilah pihak perusahaan akan memiliki semacam gambaran mengenai tingkat intelektualitas yang dimiliki oleh pihak si pelamar. 

Tentu saja kita tahu bahwa tidak adil untuk mengukur tingkat intelektualitas seseorang hanya dengan melihat tingkat pendidikan atau ijazahnya saja, karena banyak orang cerdas dan pintar yang mungkin tidak bersekolah sampai tinggi atau tak memiliki gelar dan ijazah yang macam-macam. Tetapi... di dunia pekerjaan (khususnya di negeri kita), begitulah aturan mainnya.

Pengalaman kerja

Hal ketiga yang juga penting untuk disebutkan dalam surat lamaran adalah keterangan pengalaman kerja. Karenanya, apabila kita memang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, jangan lupa untuk menyebutkannya dalam surat lamaran, khususnya apabila pengalaman kerja tersebut memiliki hubungan dengan jabatan atau pekerjaan yang dilamar tersebut. 

Nah, bagaimana kalau belum memiliki pengalaman kerja atau belum pernah bekerja sebelumnya? 

Untuk menyikapi hal ini, kita sebaiknya menyebutkan kemampuan yang sekiranya kita miliki untuk jabatan yang kita lamar tersebut. Misalnya, kita melamar untuk posisi sebagai editor di sebuah penerbitan. Kita belum pernah mendapatkan pengalaman kerja di sebuah kantor penerbitan. 

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menyebutkan kualifikasi kita dengan mengatakan bahwa kita telah menulis cukup banyak artikel yang telah dimuat di media massa (kalau memang kenyataannya begitu), atau hal-hal lain semacamnya.

Pencantuman pengalaman kerja di dalam sebuah surat lamaran biasanya akan ikut menentukan apakah seorang pelamar akan diterima ataukah tidak. Khususnya lagi kalau kebetulan lowongan kerja yang ada itu mensyaratkan adanya pengalaman tertentu dalam bidang tersebut.

Lampiran

Ini mungkin ketinggalan kalau tidak diingatkan. Karenanya, seterburu-buru apapun, jangan lupakan lampiran-lampiran yang memang penting untuk disertakan dalam sebuah surat lamaran. Karena, lampiran-lampiran ini adalah semacam penguatan atas segala hal yang kita sampaikan di dalam surat lamaran atau di dalam resume dan curriculum vitae.

Lampiran-lampiran yang biasanya disertakan dalam surat lamaran adalah:
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi kartu identitas diri
  • Fotokopi sertifikat (yang memiliki kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar)
  • Pas foto terbaru sebanyak 1 atau 2 lembar
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter
  • Surat keterangan pencari kerja dari Depnaker
  • Surat keterangan pengalaman kerja
  • Dan beberapa hal lain yang dianggap penting

Tentu saja tidak semua hal tersebut harus selalu ada dalam sebuah surat lamaran. Yang penting, jangan sampai lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen penting yang bisa dikatakan wajib ada dalam sebuah surat lamaran, seperti fotokopi ijazah terakhir, fotokopi sertifikat, dan pas foto terbaru.

Related

Tips 7644124914114729702

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item