Ini 5 Hal Unik dan Jarang Diketahui yang Akan Menambah Pengetahuanmu


Naviri Magazine - Di mana gunung tertinggi di alam semesta? Berapa banyak lubang hidung yang kita miliki? Apa isi punuk unta? Apa nama asli Bangkok? Dimana cambuk pertama kali muncul? Kalau kamu kebetulan sedang bertanya-tanya soal hal-hal itu, uraian di bawah ini akan menambah pengetahuanmu.

Di mana gunung tertinggi di alam semesta?

Gunung tertinggi berada di mars. Namanya, Olympus Mons. Tingginya 14 mil (22 km) dan lintang 388 mil (624 km). Namun Olympos mons tidak sesuai dengan ide orang tentang gunung: sisi-sisinya cenderung sangat sedikit, Anda bahkan tidak akan berkeringat jika menaikinya.

Berapa banyak lubang hidung yang Anda miliki?

Empat. Dua dapat dilihat, dua lagi tidak bisa. Dua lubang hidung yang tak terlihat itu menjadi hidung internal yang disebut choannae, yang berarti saluran. Mereka terhubung ke tenggorokan, dan memungkinkan kita untuk bernapas melalui hidung kita. 

Beberapa penelitian baru menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan setiap lubang hidung untuk mendeteksi berbagai jenis bau.

Apa isi punuk unta?

Punuk unta berisi lemak, bukan air. Lemak itu digunakan sebagai cadangan energi. Air disimpan di seluruh tubuh mereka, terutama dalam aliran darah, yang membuat mereka sangat baik dalam menghindari dehidrasi. 

Unta bisa pergi tujuh hari tanpa minum. Tetapi ketika minum, mereka bisa menghabiskan air sampai 225 liter (50 galon).

Apa nama asli Bangkok?

Nama sebenarnya untuk Bangkok adalah Krung Thep (diucapkan Grung Cape) dan disebut seperti itu di seluruh Thailand. Krung Thep berarti 'City of Angels' (sama seperti Los Angeles) dan merupakan singkatan dari nama lengkap, yang mungkin merupakan nama tempat terbesar di dunia. 

Nama resmi dan lengkapnya adalah “Krungthep Mahanakhon Amorn Rattanakosin Mahintara Yudthaya Mahadilok Pohp Noparat Rajathanee Bureerom Udomrajniwes Mahasatarn Amorn Pimarn Avaltarnsatit Sakatattiya Visanukram Prasit.” 

Di Thailand, ditulis sebagai kata tunggal yang terdiri dari 152 huruf. Jika diterjemahkan secara kasar, artinya adalah “Kota besar malaikat gudang permata ilahi teragung, tanah besar tak tertundukkan, alam besar dan menonjol, ibu kota kerajaan dan menyenangkan penuh dengan sembilan permata mulia, tempat tinggal kerajaan tertinggi dan istana megah, tempat penampungan ilahi dan ruang hidup roh reinkarnasi.”

Dimana cambuk pertama kali muncul?

Cambuk diciptakan di Cina 7.000 tahun yang lalu. Suara cambuk menjadi semacam bom sonic mini. Suara itu dimunculkan oleh putaran kecil yang terbentuk dalam aksi penderaan kulit. Kecepatannya sekitar 742 mph! 

Pesawat pertama yang memecahkan hambatan suara adalah Bell XI yang dikemudikan oleh Chuck Yeager, pada tahun 1947.

Related

Science 4256033077454257944

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item