Ini 9 Bahan Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehari-hari untuk Kesehatan Tubuh


Naviri Magazine - Makanan yang kita konsumsi tidak hanya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, tapi juga pada kesehatan otak kita. Karenanya, jika ingin selalu sehat dan dalam kondisi mood yang baik, salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah makanan-makanan yang kita konsumsi.

Berikut ini adalah 9 makanan yang baik jika dikonsumsi sehari-hari, karena membantu menunjang kesehatan sekaligus membantu mood yang baik.

1. Pisang

Segarkan harimu dan tersenyumlah dengan makan pisang. Buah ini mengandung protein yang disebut tryptophan, yang setelah dicerna akan dikonversi secara kimia menjadi serotonin. 

Zat ini penting di dalam otak dalam mengatur suasana hati dan merupakan obat anti depresi yang manjur dengan meningkatkan produksi serotonin. Mood yang baik berarti hari yang sempurna

2. Jamur

Menambahkan jamur ke dalam masakan dapat membantu meningkatkan pendengaran. Ini disebabkan karena jamur merupakan salah satu makanan diet yang mengandung vitamin D. Vitamin ini penting untuk kekuatan tulang, bahkan untuk bagian yang kecil, seperti tulang telinga yang “menyalurkan” suara ke otak

3. Brokoli

Para ilmuwan menyadari bahwa brokoli mempunyai peran penting dalam mencegah penyakit kanker. Tahun 2009, US National Cancer Ins. menemukan bahwa makan brokoli secara teratur tiap 1 minggu dapat mencegah kanker sebesar 45%. Di Inggris, kanker prostat membunuh 1 orang tiap 1 jam.

4. Jahe

Yang sangat menarik dari jahe kemampuannya dalam membantu pencernaan. Di China, jahe telah digunakan lebih dari 2.000 tahun sebagai obat untuk menenangkan perut dan mual, sedangkan fungsi lainnya bisa untuk mencegak mabuk. 

Namun, manfaat yang lebih jauh ditemukan oleh tim Universiti of Minesota, dimana suntikan senyawa dengan kandungan jahe dapat memperkecil risiko tumor usus.

5. Keju

Keju mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi, yang merupakan bahan penting untuk kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Ditambah dengan mineral lain, fosfat, akan menghasilkan kekuatan di dalam tulang dan menambah kekuatan otot Anda. 

Mempunyai kalsium yang cukup di masa kecil, sangat krusial untuk kekuatan tulang. Study oleh University of New York di Kolombia menunjukkan remaja yang mengonsumsi kalsium 800-1.200 mg per hari berhasil menambah kepadatan tulang hingga 6%

6. Anggur

Anggur memungkinkan oksigen mengalir dari paru–paru ke dalam saluran darah. Diet dengan buah segar seperti anggur dapat menurunkan resiko kanker paru-paru dan emphysema. Anggur mengandung zat kimia yang disebut proantosianidin yang dapat menurunkan efek asma akibal alergi.

7. Tomat

Tomat mengandung lycopene yang sangat besar, dan merupakan zat kimia dari tumbuhan yang mampu mengurangi risiko serangan jantung dan beberapa kanker. 

Pusat Kesehatan Wanita – program riset Amerika – menemukan bahwa wanita dengan level lycopene yang tinggi dalam darah mempunyai risiko serangan jantung 30% lebih kecil daripada yang memiliki sedikit lycopene. Selain itu, lycopene juga melawan kolesterol jahat.

8. Walnut

Walnut merupakan satu-satunya kacang yang mengandung asam lemak omega 3. Zat ini mampu mengurangi risiko demensia. Para peneliti menemukan bahwa walnut dapat menghambat penuaan otak pada tikus dan mencegah penyakit Alzheimer.

9. Wortel

Wortel mendapat warna orange dari zat bernama betacarotene, yang mengurangi risiko katarak. Kombinasi beberapa unsur kimia dalam wortel mempunyai fungsi unik yang bermanfaat bagi mata Anda.

Related

Food 8425706954502732516

Recent

item