Ini 9 Film Menarik dari Berbagai Genre yang Diangkat dari Kisah Nyata


Naviri Magazine - Tidak semua film yang kita saksikan hanya khayalan atau fiksi. Sebagiannya diangkat dari kisah nyata. Biasanya, kisah-kisah nyata yang diangkat ke layar film memiliki jalan cerita menarik, atau mengisahkan seorang tokoh terkenal, menginspirasi, mengharukan, dan semacamnya.

Dari kisah-kisah nyata itu, muncul berbagai jenis film menarik. Ada yang ber-genre action, drama, dan lain-lain. Berikut ini 9 di antaranya.

Ip Man

Film Ip Man diadaptasi dari kisah nyata kehidupan sang master Wing Chun. Sang sutradara, Wilson Yip, memutuskan untuk lebih memfokuskan film ini pada penjajahan Jepang di China sekitar tahun 30-an, dan menyoroti bagaimana Ip Man yang sangat mencintai negerinya menolak mengajarkan Wing Chun pada tentara Jepang saat itu.

Banyak orang yang sempat berguru pada master Wing Chun ini, dan beberapa di antara muridnya kemudian terkenal meski nama Ip Man sendiri jarang dikenal orang. Salah satu murid Ip Man yang banyak dikenal adalah Bruce Lee, yang sempat berguru pada Ip Man selama lima tahun.

Public Enemies

Merupakan salah satu film gangster klasik. Diangkat dari kisah nyata, film garapan sutradara Michael Mann ini menampilkan aksi perampok bank legendaris John Dillinger. 

'Public Enemies' diadaptasi dari buku 'Public Enemies: America's Greatest Crime Wave and the Birth of the FBI, 1933-34' karya Bryan Burrough. Untuk urusan aktor-aktris pendukung film tersebut, tak perlu diragukan lagi. Michael menggandeng dua aktor papan atas Hollywood, Johnny Depp dan Christian Bale. 

Berkat kemampuan akting di atas rata-rata, Johnny Depp sanggup menghidupkan kembali tokoh kriminal legendaris Amerika Serikat. Sementara, Christian Bale yang kembali bersuara berat dengan baik memerankan karakter Melvin.

Munich

Munich adalah film tahun 2005 yang disutradarai oleh Steven Spielberg, dan dibintangi oleh Eric Bana. Skenarionya ditulis oleh Tony Kushner dan Eric Roth. Film ini mengambil latar belakang peristiwa Tragedi Muenchen pada tahun 1972, di mana sekelompok atlet Olimpiade dari Israel diculik sekelompok teroris Palestina dan dibunuh. 

Munich bercerita seputar anggota Mossad yang diperintahkan untuk mencari dan membunuh teroris anggota September Hitam, yang dianggap bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

The Terminal 

Viktor Navorski (Tom Hanks) berperan sebagai seorang dari Krokozia yang datang ke New York, Amerika, untuk memenuhi janji kepada almarhum ayahnya. 

Sayangnya, setiba di Bandara New York's Kennedy (AS), negaranya (Krokozia) sedang mengalami guncangan kudeta. Hal ini menyebabkan paspor dan visa yang dimiliki tidak dapat berlaku atau tidak sah, sampai negaranya merdeka, atau dengan kata lain dia tertahan di bandara tanpa bisa masuk ke kawasan New York maupun kembali ke negaranya.

Penantiannya dalam bandara selama berbulan-bulan menjadi satu kisah yang sungguh menarik dan emosional. Bagaimana dia berkomunikasi dimana awalnya tidak dapat berbahasa Inggris, ada Dixon si direktur bandara yang ingin menyingkirkannya, ada Gupta si Cleaning Service yang mencurigainya, ada si Mexico yang memanfaatkannya, juga ada si pramugari cantik (Catherine Zeta-Jones) yang membuatnya jatuh cinta.

The Pursuit of Happyness

The Pursuit of Happyness adalah film biografi tahun 2006 yang menceritakan kisah hidup Chris Gardner, seorang salesman yang berhasil menjadi pialang saham kaya. 

Film ini disutradarai oleh Gabriele Muccino. Skenarionya ditulis oleh Steve Conrad berdasarkan memoir berjudul sama yang ditulis oleh Gardner bersama Quincy Troupe. Film ini dirilis oleh Columbia Pictures.

Valkyrie

Diangkat dari kisah nyata, seorang militer, Kolonel Claus von Stauffenberg (Tom Cruise), perwira yang setia melayani negerinya di saat ia mengharapkan seseorang menemukan cara menghentikan Hitler sebelum Eropa dan Jerman dihancurkan. 

Sadar bahwa waktu tidak banyak tersisa, ia memutuskan untuk bergerak sendirian dan bergabung bersama pasukan Jerman. Bersenjatakan strategi milik Hitler, yang dikenal sebagai Operasi Valkyrie, para perwira ini berencana membunuh diktator dan pemerintahan Nazi dari dalam. 

Million Dollar Baby

Merenggangnya hubungan antara ia dan anak perempuannya, membuat pelatih tinju Frankie Dunn (Clint Eastwood) enggan bersosialisasi dengan orang lain, hingga Maggie Fitzgerald (Hilary Swank) datang ke arena tinjunya. Dalam hidup yang penuh perjuangan, Maggie hanya berharap seseorang dapat mempercayainya.

Saving Private Ryan

Film Saving Private Ryan (1998) besutan Steven Spielberg menceritakan pencarian James Francis Ryan, seorang serdadu AS, di European Theater, yang harus diselamatkan dan dijemput pulang karena kedua saudaranya telah tewas dalam Perang Dunia II. 

Ryan merupakan anak laki-laki satu-satunya yang tertinggal di satu keluarga AS. Hal ini memang menjadi peraturan dalam angkatan bersenjata AS.

Slumdog Millionaire

Jamal (Dev Patel) dan Salim (Madhur Mittal) adalah dua bersaudara yang tumbuh di kawasan kumuh Mumbai, India. Mereka berdua berteman dengan Latika (Freida Pinto), anak perempuan yang juga kehilangan orang tuanya pada saat huru-hara anti muslim di India. 

Jamal, yang tumbuh menjadi pemuda sederhana, sangat kontras dengan Salim yang memutuskan jadi gangster dan mendapatkan uang dengan cara mudah. Sementara Latika tumbuh menjadi simpanan seorang bos gangster Mumbai. 

Lewat berbagai insiden, Jamal yang sejak dulu mencintai Latika, berusaha menemukannya lagi. Cara yang Jamal tempuh cukup unik, dia memutuskan untuk menjadi peserta kuis Who Wants to be Millionaire versi India, kuis show yang disukai Latika. 

Dan hal yang paling menarik di film ini pun dimulai, ketika semua pertanyaan yang diajukan di kuis ini berhubungan dengan semua kejadian yang dialami Jamal sepanjang hidupnya, seakan Jamal memang sudah ditakdirkan untuk memenangkan kuis ini.

Related

Film 3093604453388436069

Recent

item