Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Membantu Awet Muda (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Membantu Awet Muda - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Brokoli

Setelah bayam, sayuran lain yang baik untuk mendukung tubuh awet muda adalah brokoli. Selain kaya antioksidan, brokoli juga termasuk rumpun tanaman yang membantu tubuh dalam memerangi racun dan kanker. 

Untuk mempertahankan enzim-enzim penting dalam brokoli, para ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi brokoli dalam keadaan masih segar (mentah), atau setidaknya dimasak dengan cara dikukus.

Brokoli juga kaya kalsium, sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis, dan membantu penyerapan vitamin D dalam tubuh.

Salmon

Salmon telah terkenal sebagai makanan dengan banyak khasiat. Selain dipercaya dapat menunjang kesehatan jantung dan melancarkan darah, ikan salmon juga dapat membantu Anda awet muda. 

Salmon mengandung asam Omega-3, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak. Omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan, karena fungsinya dalam mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki mood, dan menyehatkan kulit. Karena hal itulah, salmon atau ikan tuna sering menjadi konsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.

Almond

Almond dan salmon mungkin terdengar mirip, tapi tentu berbeda. Jika salmon adalah jenis ikan-ikanan, almond adalah jenis kacang-kacangan. Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit, rambut, dan kuku, juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas melalui polusi udara dan sinar ultraviolet. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi selusin almond setiap hari.

Walnut

Tak jauh beda dengan almond, walnut juga termasuk kacang-kacangan yang mengandung vitamin E. Bahkan, vitamin E merupakan kandungan terbesar yang terdapat pada walnut. 

Fungsinya adalah untuk menjaga keindahan kulit Anda, sehingga selalu tampak awet muda. Deepshikha Aggarwal, seorang ahli nutrisi, juga menyarankan konsumsi walnut untuk mendapat asupan vitamin E.

Mentimun

Segar karena mengandung banyak air, mentimun sering digunakan sebagai bahan makanan, juga dalam resep kecantikan. Kenyataannya, mentimun memang dapat membantu mengatasi kulit yang kusam dan kering, karena kandungan air dan silika yang terdapat dalam mentimun mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Alpukat

Alpukat tidak hanya enak saat dimakan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Dalam buah ini terkandung vitamin C, E, dan Omega-3, yang berfungsi dalam mencegah pengeriputan, serta menghaluskan dan mengencangkan kulit. Rutin mengonsumsi alpukat setiap hari bisa membantu Anda memiliki kulit yang bersinar.

Sesame

Deepshikha Aggarwal juga menyarankan untuk mengonsumsi sesame untuk mendapatkan asupan vitamin E, karena makanan ini memiliki kandungan vitamin E yang besar. Selain itu, vitamin E dalam sesame juga mampu menutrisi kulit.

Teh hijau

Jika Anda menginginkan teh yang tidak hanya nikmat namun juga berkhasiat, teh hijau bisa dijadikan pilihan. Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan kulit.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan berkhasiat untuk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk dibuat jus yang segar. Rutin mengonsumsi jus lidah buaya bisa membantu Anda awet muda. Saran mengonsumsi jus lidah buaya adalah pada pagi hari, ketika perut Anda masih kosong. Atau bisa pula dikonsumsi 20-30 menit sebelum sarapan.

Biji bunga matahari

Selain lidah buaya, biji bunga matahari adalah sumber vitamin E dan selenium yang mampu membantu meremajakan kulit.

Kacang Brazil

Berbeda dengan umumnya kacang-kacangan lain, kacang Brazil mengandung selenium yang kaya. Selenium adalah senyawa yang bergabung dengan vitamin E dalam upaya menghentikan stres dan gangguan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kacang Brazil juga membantu memperlambat penuaan, karena kandungan lemaknya.

Air minum

Diletakkan di tempat paling akhir, namun bukan yang paling tidak penting. Air minum, bagaimana pun, adalah hal paling penting. Bukan hanya untuk menjaga tubuh awet muda, namun juga untuk memelihara kesehatan sepenuhnya. 

Rutin mengonsumsi air minum sebanyak 2-3 liter dapat mencegah pengeriputan kulit, sehingga Anda senantiasa terlihat sehat, bugar, dan awet muda.

Related

Health 7048629787568373834

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item