Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Pria Sering Nggak Ngerti 'Kode' Wanita


Naviri Magazine - Istilah 'Men Are from Mars, Women Are from Venus' kerap digunakan untuk menggambarkan betapa berbedanya sudut pandang pria dan wanita terhadap berbagai hal. Termasuk dalam berkomunikasi.

Pria dan wanita sering kali berselisih paham ketika menyikapi suatu isu yang bisa memicu perdebatan. Tidak jarang para pria sulit memahami 'bahasa' wanita sehingga membuat percakapan terasa sulit, apalagi jika ada perbedaan pendapat di antara mereka.

Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa pria memiliki reaksi berbeda ketika mendengar suara wanita, dibandingkan saat mereka menerima suara dari sesama pria. Para peneliti dari Institut Neuroscience and Psychology dari Universitas Glasgow dan Department of Psychology Universitas Montreal menemukan fakta tentang aktivitas otak pria ketika mendengar wanita dan sesama jenisnya berbicara.

Seperti dikutip dari Brightside, aktivitas di beberapa bagian otak pria lebih sedikit saat mendengar pria lainnya berbicara. Sebaliknya, jika wanita yang bicara, otak pria harus bekerja lebih keras untuk mencerna dan memahami maksud sebenarnya.

Hal ini berarti pria lebih sulit mengerti perkataan wanita, dan perlu waktu lebih lama untuk akhirnya bisa memahaminya. Hasil penelitian juga menunjukkan, pria pun sulit menerka-nerka emosi yang dirasakan wanita ketika mereka berbicara.

Penelitian lain yang dimuat dalam buku bertajuk 'Message Not Received: When Women's Voices Go Unheard' juga mengungkapkan bahwa suara wanita lebih kompleks dari pria. Saat wanita berbicara, mereka menggunakan lebih banyak suara dan cenderung berkata-kata dengan intonasi yang lebih berirama.

Faktor-faktor tersebut yang membuat otak pria sulit menangkap dengan cepat maksud sebenarnya dari perkataan wanita. Akibatnya, komunikasi antar pria-wanita sering kali jadi terasa sulit dan lebih berbelit-belit dan menimbulkan pertengkaran.

Related

Relationship 4780018237979975174

Recent

item