Inilah Burung-burung dengan Sistem Pertahanan Diri Terunik (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sebagian besar burung bisa terbang, dan terbang—bagi burung—adalah pertahanan yang sangat efektif terhadap para predator. Namun, di antara ribuan spesies burung yang ada di bumi, ada beberapa spesies yang memiliki sistem pertahanan sangat unik. Berikut ini adalah jenis-jenis burung dengan sistem unik semacam itu, yang mungkin belum pernah kita bayangkan.

Fulmar chick

Fulmar chick adalah jenis burung laut. Namanya berasal dari kata Norse, yang berarti “camar busuk”. Seperti namanya, burung ini dikenal karena bau busuk mereka. Tidak hanya bau busuk tubuhnya, bahkan telur mereka juga berbau. Kulit telur fulmar yang ada di salah satu museum koleksi masih mengeluarkan bau setelah 100 tahun tahun disimpan.

Burung ini tidak dapat terbang. Sehingga, ketika bahaya mengancam, mereka pun kesulitan melarikan diri. Kelemahan itu kemudian menjadikan anak fulmar mengembangkan mekanisme pertahanan yang unik dan tidak lazim. Ketika terancam, mereka akan memuntahkan semacam cairan minyak berwarna jingga cerah. Cairan itu tidak hanya berbau busuk, tetapi juga menempel pada bulu pemangsa. 

Minyak yang dimuntahkan anak fulmar itu akan membuat bulu burung pemangsa akan kusut, sehingga kehilangan kemampuan anti-airnya, yang akan membuat mereka tenggelam jika berendam dalam air. Kenyataan itu pun menjadikan anak ayam fulmar berbahaya bagi predator.

Sementara para fulmar memiliki bulu yang “kebal” terhadap muntahan minyak tersebut. Hal itu sangat penting, karena anak ayam fulmar tidak hanya meludahi predator, tapi juga setiap hewan yang mendekati, termasuk induk mereka. Anak-anak fulmar mulai mengakui induk mereka ketika telah berusia sekitar 3 minggu.

Hoopoes

Burung ini bisa ditemukan di Afrika, Eropa, Asia, dan baru-baru ini terpilih sebagai burung nasional Israel. Hoopoe memiliki kelenjar khusus di dekat anus, yang menghasilkan zat berbau busuk. 

Dengan kelenjar tersebut, burung itu akan saling menggosok bulu-bulu temannya—meliputi seluruh tubuh mereka—hingga bau mereka pun mirip dengan daging busuk. Kenyataan itu menjadikan predator tak tertarik untuk memangsa.

Selain sebagai mekanisme pertahanan diri, zat berbau busuk itu memiliki dua fungsi. Ia bertindak sebagai pembasmi parasit, dan sebagai agen antibakteri yang melindungi burung dari berbagai penyakit.

Yang menarik, hoopoe dewasa memproduksi cairan berbau busuk itu hanya ketika mengerami telur-telurnya. Setelah anaknya meninggalkan sarang, ia pun berhenti memproduksi zat tersebut.

Sementara anak hoopoe yang masih kecil memiliki metode pertahanan mereka sendiri yang tak kalah unik. Ketika terancam, anak hoopoe akan menyemprotkan kotorannya tepat ke wajah sang predator. Itu merupakan teknik yang sangat efektif untuk mengusir pengunjung yang tak diinginkan.

Killdeer

Killdeer adalah burung dengan suara berisik, dan sering ditemukan di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Mereka bersarang di tanah, sehingga telur dan anak killdeer sangat rentan terhadap predator.

Untuk melindungi sarang mereka, killdeer dewasa mengembangkan teknik yang pintar. Ketika predator tanah semacam rubah, kucing, atau anjing mendekati sarang, killdeer dewasa akan bergerak menjauh dari sarang secara terang-terangan, dengan menyeret salah satu sayapnya seolah-olah sayap itu rusak, dan pura-pura mencari bantuan.

Kebanyakan predator yang melihat itu akan mengejar si killdeer dewasa yang tampak tak berdaya—dan tanpa disadari, mereka telah menjauh dari sarang. Setelah merasa sarangnya sudah aman, killdeer dewasa pun segera terbang. Seiring dengan itu, anak-anak killdeer telah kabur dari sarangnya ketika si pemangsa dialihkan perhatiannya oleh killdeer dewasa.

Burrowing owl

Burrowing owl dapat ditemukan di padang rumput dan gurun, dari Kanada sampai Patagonia. Mereka bersarang dalam liang, dan sering menggunakan liang yang sudah ditinggalkan hewan lain. Namun, jika tidak dapat menemukan liang kosong, mereka bisa menggali lubang sendiri.

Anak burrowing owl sering ditinggal sendirian dalam liang, sementara induknya berburu. Selama waktu itu, si anak pun rentan terhadap serangan pemangsa seperti rubah, anjing hutan, musang, atau kucing. Karena itulah kemudian anak burung itu mengembangkan sistem pertahanan diri yang unik demi menjaga keselamatannya.

Ketika merasa terancam—misalnya jika hewan pemangsa mulai menggali pintu masuk liangnya—anak burrowing owl akan mengeluarkan suara mendesis mirip ular memperingatkan musuhnya. Karena ular derik yang sangat berbisa diketahui sering bersembunyi dalam liang, sebagian besar predator pun lebih memilih untuk pergi menjauh setelah mendengar desisan mengerikan itu.

Mekanisme pertahanan mereka yang unik itu dianggap salah satu yang paling efisien di antara burung, namun memiliki kelemahan. Desisan mengerikan itu tidak akan berfungsi jika calon pemangsanya adalah ular derik sendiri, karena si ular pasti tahu itu desisan palsu. Lebih dari itu, ular derik juga tuli!

Eurasian cuckoo

Eurasia cuckoo dikenal sebagai burung yang sering meletakkan telur-telurnya di sarang burung lain. Ketika si anak akan lahir, ia akan menghancurkan telur burung lain (penghuni sarang sebenarnya), dan menggunakan sarang itu untuk meletakkan telurnya sendiri. Hal itu, baginya, adalah upaya menghilangkan setiap pesaing, serta agar lebih cepat berkembang.

Untuk melindungi diri dari ancaman, cuckoo betina mengembangkan mekanisme pertahanan diri yang unik. Dia akan bersikap dan berperilaku mirip hawk sparrow, raptor pemakan burung. Hal itu dimungkinkan baginya, karena kebetulan penampilannya mirip dengan hawk sparrow.

Dengan menyamar sebagai hawk sparrow, cuckoo betina dapat menakut-nakuti burung-burung lain agar menjauh dari sarang mereka. Selama hawk sparrow palsu ada di situ, burung-burung lain tidak akan berani kembali ke sarang mereka, dan cuckoo pun bisa merawat telurnya tanpa masalah.

Baca lanjutannya: Inilah Burung-burung dengan Sistem Pertahanan Diri Terunik (Bagian 2)

Related

Science 2122203622308384400

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item