Insomnia? Ini 4 Minuman yang Bisa Membantu Kamu Cepat Tidur


Naviri Magazine - Para ahli merekomendasikan orang dewasa tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian. Tetapi tidur setidaknya selama 7 jam penuh setiap malam tidak selalu mudah. Banyak orang dewasa mengalami insomnia.

Untungnya, ada berbagai minuman pemicu tidur yang dapat membantu Anda bisa tidur nyenyak.

1. Jus ceri

Kandungan triptofan dalam ceri diyakini menjadi salah satu alasan buah ini membantu tidur. Triptofan adalah asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin, yang membantu mengatur kapan Anda tertidur dan bangun. 

Sebuah studi mencatat bahwa minum 2 cangkir (480 ml) jus ceri setiap hari selama 2 minggu meningkatkan total waktu tidur hingga 84 menit, dan membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa berusia 50 tahun. 

2. Teh kamomil

Kamomil dapat membantu meredakan kecemasan dan insomnia, yang juga dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kamomil dapat meningkatkan kualitas tidur. Satu studi pada 60 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut dengan aman bisa meningkatkan kualitas tidur.

3. Susu hangat

Banyak organisasi terkemuka merekomendasikan susu hangat untuk tidur malam yang nyenyak. Itu karena susu mengandung triptofan. Triptofan secara alami meningkatkan serotonin, yakni neurotransmitter yang dikenal untuk kebahagiaan dan kesejahteraan. Selain itu, serotonin adalah prekursor hormon pengatur tidur melatonin.

Sederhananya, triptofan meningkatkan kadar serotonin, yang meningkatkan kadar melatonin. Melatonin dapat meningkatkan tidur dan membantu memerangi berbagai gangguan tidur, termasuk jet lag, gangguan tidur karena kerja shift, dan insomnia.

Ada kemungkinan minum segelas susu hangat sebelum tidur hanyalah ritual menenangkan yang membantu Anda bersantai dan bersiap untuk istirahat. Jika Anda ingin mencoba susu hangat, cukup pilih susu favorit Anda, dan didihkan di atas kompor selama beberapa menit.

4. Smoothie pisang almond

Pisang adalah makanan lain yang tinggi magnesium, triptofan, dan melatonin. Buah ini juga tinggi kalium. Kalium dan magnesium adalah dua mineral yang mengendurkan otot Anda, dan dapat membantu Anda bersantai di penghujung hari yang panjang.

Menggabungkan pisang dan susu almond dalam smoothie, berarti Anda mengemas triptofan dan melatonin yang kuat, yang dapat membantu mengurangi gejala insomnia.

Related

Health 1944008721863254779

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item