Jangan Mengeringkan Wajah Pakai Handuk, 5 Dampaknya Ini Bikin Menyesal


Naviri Magazine - Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa barang-barang yang ada di kamar mandi atau dudukan toilet adalah tempat yang paling banyak kuman dan bakteri.

Faktanya, handuk justru menjadi barang yang paling banyak mengandung bakteri. Sebab, jika Anda sering menggunakannya untuk membasuh atau mengeringkan wajah, kebiasaan ini akan berdampak buruk pada kulit.

Berikut ini, dilansir dari Bright Side, beberapa efek buruk dari membasuh atau mengeringkan wajah menggunakan handuk.

1. Memicu jerawat

Kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk bisa merusak kulit lebih dari yang dibayangkan. Karena, handuk adalah area yang baik untuk pertumbuhan bakteri. Apalagi Anda menyimpan handuk lembap di kamar mandi.

Saat Anda menggunakannya untuk mengeringkan wajah, bakteri yang menempel pada handuk akan berpindah langsung ke kulit wajah sehingga bisa memicu jerawat.

Terlebih, Anda menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan badan, dan jarang mengganti atau mencucinya.

2. Mempercepat penuaan

Pakai handuk berbahan Terry yang terlalu kasar untuk mengeringkan wajah bisa melukai kulit, seperti kulit rentan terhadap infeksi dan kerutan.

Jika Anda sering mencuci handuk, maka semakin rapuh dan buruk pula kualitas kainnya. Akibatnya gesekan dari kain ketika mengeringkan wajah bisa mengelupas kulit jika terlalu kasar.

3. Menurunkan kemanjuran krim wajah

Kebiasaan mengeringkan wajah setelah cuci muka adalah hal wajar. Tapi kenyataannya, cara ini membuat kulit tidak mendapatkan hasil maksimal dari skincare atau produk kecantikan yang dipakai.

Pelembap akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum semua air menguap dari permukaan. Jadi, pelembap tidak akan membantu mengunci kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit jika Anda mengeringkan wajah pakai handuk.

4. Mengiritasi kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, mengeringkan wajah pakai handuk bukan pilihan terbaik. Karena, sebagian besar kain handuk terlalu kasar untuk kulit dan bisa menyebabkan kulit kemerahan serta iritasi.

5. Kulit berminyak

Kebiasaan mengeringkan kulit pakai handuk juga bisa membuat wajah lebih berminyak. Karena, handuk yang kasar bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan, yang akan menyebabkan kulit jadi terlalu berminyak.

Related

Health 2598816512083725770

Recent

item