Kiat-kiat Sederhana agar Hidup Lebih Baik Sekaligus Menghemat Uang (Bagian 1)


Naviri Magazine - Banyak orang yang ingin dapat menghemat uang atau pengeluaran bulanan/rutin, dan berharap sisa uang dari penghematan itu bisa ditabungkan untuk kebutuhan darurat atau lebih penting. Namun, sayangnya, keinginan itu sering kali gagal, karena berbagai hal terus memaksa mereka mengeluarkan uang. 

Padahal, upaya hidup hemat bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Berikut ini adalah 9 kiat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mulai belajar hidup hemat. Kiat-kiat sederhana berikut ini mungkin belum sempat Anda bayangkan.

Gunakanlah buku catatan

Para penulis biasanya menggunakan resep yang ampuh ini; mereka membawa-bawa buku catatan kecil untuk mencatat ide apa saja yang berkelebat dalam otak atau pikiran mereka. Ide-ide itu biasanya datang seperti kilat yang menyambar; jika tidak segera diraih maka ia akan segera hilang atau terlupakan. 

Sebuah ide bisa berharga jutaan rupiah kalau kemudian ide itu dituangkan dalam tulisan yang mampu terjual, entah dalam bentuk buku cetakan ataupun tulisan yang diterbitkan di koran. Itulah mengapa para penulis menganggap buku catatan ide semacam itu sebagai sesuatu yang penting, bahkan sakral.

Kalau Anda bukan penulis, Anda juga bisa memanfaatkan buku catatan kecil semacam itu. Bawalah buku kecil atau kertas catatan dalam tas, di saku atau dalam dompet Anda. 

Kemudian, kalau ada suatu ide tertentu yang datang mengenai suatu cara yang dapat Anda gunakan untuk menambah pemasukan kas bulanan atau suatu gagasan untuk dapat menghemat pengeluaran Anda, catatlah ide atau gagasan itu dalam kertas atau buku catatan itu.

Biasanya, orang malas melakukan hal semacam itu, dan memilih untuk mempercayai ingatannya. Mereka biasanya berdalih, “Diingat-ingat saja kan bisa. Buat apa sih repot-repot menulis kayak gitu?” 

Kenyataannya, seringkali orang tak bisa mengandalkan ingatan mereka sebagaimana yang mereka kira itu. Seringkali orang menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengingat-ingat sesuatu yang penting yang ingin mereka gali kembali dari ingatan mereka, namun kemudian sesuatu yang penting itu tidak juga kembali teringat. Anda tentu juga pernah, atau bahkan sering mengalaminya, kan? 

Karenanya, tak ada salahnya kalau sekarang Anda membiasakan diri untuk membawa buku catatan itu demi tujuan yang positif. Sebuah buku catatan kecil tentu saja tak merepotkan dibanding manfaat besar yang mungkin bisa didapatkan. 

Pilihlah bank yang berbiaya minim

Kalau dulu orang menyimpan uangnya di bawah kasur atau di dalam celengan, maka orang pada jaman sekarang menggunakan bank sebagai tempat penyimpanan yang lebih aman. Selain keamanannya yang lebih terjamin, menyimpan uang di bank juga menghasilkan bunga setiap bulannya yang dihitung berdasarkan jumlah tabungan kita.

Namun, bank bukan tempat penyimpanan yang gratis. Selain memberikan bunga tabungan kepada para nasabahnya, bank juga memungut biaya administrasi yang juga diambil secara otomatis dari tabungan para nasabahnya. 

Besar kecilnya biaya administrasi perbulan ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank, juga tergantung apakah si nasabah menggunakan kartu ATM ataukah tidak (penggunaan kartu ATM akan membuat biaya administrasi lebih besar).

Karenanya, apabila Anda menabung di bank dan ingin lebih menghemat pengeluaran Anda untuk jasa bank, maka pilihlah bank yang memberlakukan biaya yang relatif kecil untuk biaya administrasinya. Untuk tujuan tersebut, Anda bisa memilih bank-bank milik pemerintah, yang selain memungut biaya administrasi lebih kecil juga relatif lebih aman. 

Selain itu, kalau memang Anda tidak sering melakukan transaksi, abaikan saja pelayanan kartu ATM; itu akan menghemat pengeluaran bulanan Anda untuk jasa bank.

Rajinlah berolahraga

Sampai hari ini, olahraga tetap dianggap sebagai salah satu penunjang kesehatan sekaligus kebugaran tubuh. Tentu saja ada banyak orang yang sehat meskipun tidak pernah berolahraga, namun lebih banyak orang yang sehat karena rajin berolahraga. 

Anda tidak perlu berolahraga berat seperti angkat beban atau lari sampai berkilo-kilo meter. Menggerakkan tubuh secara ringan setiap pagi pun sudah termasuk olahraga. 

Setelah bangun pagi, Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati udara yang masih sejuk dan bersih. Selain membuat tubuh bugar, Anda juga telah memasukkan banyak udara bersih ke dalam paru-paru Anda. Lebih dari itu, Anda tidak perlu membayar.

Manfaat olahraga biasanya tidak bisa dilihat secara langsung, namun orang selalu dapat membuktikan bahwa kesehatan tubuh menjadi lebih baik setelah rajin berolahraga. 

Karena aktivitas olahraga bertujuan pada manfaat jangka panjang, maka Anda bisa membayangkan bahwa meluangkan waktu seperempat jam sampai setengah jam setiap hari untuk jalan-jalan pagi tentu jauh lebih baik jika dibandingkan terkapar di rumah sakit sampai berhari-hari dan membutuhkan banyak biaya.  

Baca lanjutannya: Kiat-kiat Sederhana agar Hidup Lebih Baik Sekaligus Menghemat Uang (Bagian 2)

Related

Tips 3713820326526640152

Recent

item