Kiat-kiat Sederhana agar Hidup Lebih Baik Sekaligus Menghemat Uang (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kiat-kiat Sederhana agar Hidup Lebih Baik Sekaligus Menghemat Uang - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Rumah Anda yang besar itu bisa dijual dan uang sisa pembeliannya bisa digunakan untuk modal berinvestasi, atau juga rumah yang besar itu disewakan untuk mendapatkan pemasukan tambahan bagi kas bulanan Anda.

Rumah yang kecil tentu saja membutuhkan biaya perawatan yang kecil, pajak yang lebih kecil, dan tentunya Anda pun tidak ‘menjadi gatal’ untuk mengisi rumah dengan perabotan-perabotan yang mungkin tidak dibutuhkan karena tidak adanya ruangan untuk itu. 

Nikmatilah kesibukan berkebun

Apa kegiatan hari libur Anda? Pergi ke tempat-tempat hiburan? Atau jalan-jalan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri? Kalau Anda memiliki sebuah lahan di sekitar rumah, kenapa tidak jadikan itu sebagai sumber kesibukan yang mengasyikkan, atau kesenangan untuk mengisi waktu liburan?

Sebuah lahan yang tak terlalu luas bisa dijadikan sebagai kebun, dan Anda bisa menanami aneka tanaman yang bermanfaat; mungkin tanaman obat, buah-buahan, atau mungkin pula bahan-bahan yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur. 

Menanam cabai, tomat atau yang semacamnya tidak memerlukan benih khusus dan juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Setiap orang bisa melakukannya, dan tanaman-tanaman jenis ini pun biasanya dapat tumbuh dengan sendirinya, bahkan dalam waktu yang tak terlalu lama sehingga manfaatnya bisa langsung diperoleh. Bagaimana dengan jagung? Ubi jalar? Atau pepaya?

Menikmati waktu libur dengan berkebun bukan hanya jauh lebih murah sekaligus menyenangkan, namun juga dapat memberikan manfaat, bukan? Kalau kebun Anda dapat menghasilkan cabai, tomat atau bumbu dapur lainnya, Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya. 

Kalau Anda bisa menghasilkan ubi, jagung ataupun pepaya dari kebun Anda sendiri, Anda pasti akan merasa lebih bahagia saat menikmatinya.

Teruslah mencari cara lain

Kalau saat ini Anda sudah mulai menemukan hal-hal tertentu dalam hidup Anda yang dapat dilakukan secara lebih baik, lebih hemat dan lebih positif, jangan buru-buru merasa puas. 

Teruslah mencari cara-cara baru, teruslah mengevaluasi, teruslah memikirkan hal-hal lain yang dapat dilakukan dengan lebih bagus lagi. Selalu saja ada jalan yang belum kita ketahui, sehingga kita tak pernah bisa berhenti belajar dan berhenti mencari.

Untuk dapat menghemat uang dan menuju kekayaan, Anda tidak cukup hanya mengurangi pengeluaran-pengeluaran, namun juga sebisa mungkin menciptakan inovasi, kreativitas dan segala hal yang dapat memudahkan hidup; baik hidup Anda sendiri, maupun hidup orang lain. 

Beberapa waktu yang lalu, ketika harga bensin naik secara drastis, ada seorang lelaki bernama Djoko Sutrisno, warga Yogyakarta, yang dapat menemukan cara untuk mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan. 

Kemudian, ketika pemerintah mulai mengkonversikan minyak tanah dengan gas namun bahan bakar gas juga sulit diperoleh, ada seorang warga Yogyakarta lain yang sama kreatifnya, bernama Sarjiyo, yang bisa mengubah kotoran sapi menjadi bahan bakar gas.

Jika Anda bisa membuat, menemukan atau menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi diri Anda sendiri, maka sesuatu itu pun tentu dapat dimanfaatkan oleh orang lain. 

Dan jika sesuatu itu kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang lain, maka Anda tidak kehilangan kandungan manfaat dari sesuatu itu; Anda bahkan akan memperoleh manfaat yang lain yang lebih besar; semisal manfaat dalam bentuk uang ataupun hidup yang lebih penuh keberkahan.

Related

Tips 6023265992775826528

Recent

item