Kisah 10 Operasi Rahasia dan Penting yang Tercatat dalam Sejarah (Bagian 1)

Naviri Magazine - Dalam sejarah, ada beberapa operasi militer dan intelijen rahasia yang menakjubkan. Daftar di bawah ini menguraikan 10 ope...


Naviri Magazine - Dalam sejarah, ada beberapa operasi militer dan intelijen rahasia yang menakjubkan. Daftar di bawah ini menguraikan 10 operasi paling menarik dan penting yang tercatat dalam sejarah.

Operasi Paperclip

Setelah kekalahan Nazi dalam Perang Dunia II, semua negara besar (AS, Inggris dan Rusia) saling berebut untuk menangkap para ilmuwan terkemuka dan agen intelijen Nazi. Dalam hal ini, AS melancarkan operasi yang diberi nama Operasi Paperclip. 

Banyak ilmuwan Nazi tertangkap melalui operasi itu. Salah satunya Wenher Von Braun dan Arthur Rudolph yang membantu AS mengembangkan roket untuk eksplorasi ruang angkasa. 

Sementara dari pihak intelijen yang tertangkap adalah Reinhard Gehlen yang digunakan untuk membangun jaringan mata-mata terhadap Uni Soviet, yang kemudian dikenal sebagai Gehlen Organization. Ia juga membantu melatih Pasukan Khusus Israel, Mossad.

Operasi MKULTRA

Terinspirasi oleh program cuci otak Korea Utara, CIA memulai percobaan pada kontrol pikiran, termasuk di dalamnya adalah hipnosis dan tes IQ. Bagian paling terkenal dari proyek ini melibatkan pemberian LSD dan obat lain bagi warga Amerika. Dalam satu laporan, subjek diberi LSD terus-menerus selama 77 hari. 

Ilmuwan Skotlandia, Donal Ewen Cameron, juga terlibat dalam upaya untuk menghapus skizofrenia dengan menghapus semua kenangan dan reprogramming individu. Percobaan yang dilakukannya di antaranya adalah dengan menyebabkan subyek koma selama berminggu-minggu pada satu waktu saat memainkan rekaman suara atau pernyataan berulang-ulang sederhana.

Operasi Anthropoid

Ini adalah nama kode rencana untuk membunuh Naziis, Reinhard Heydrich, pada tahun 1942. Ia juga disebut sebagai Heydrich The Hangman of Prague, karena perannya dalam perencanaan pembunuhan jutaan orang Yahudi melalui "The Final Solution." Dalam operasi ini, dua tentara dari kesatuan Tentara Cekoslowakia yang berbasis di Inggris, Josef Gabcik dan Jan Kubis, ditugaskan. 

Pada tanggal 27 Mei 1942, Gabcík dan Kubis menunggu di halte trem, di rute yang sehari-hari dilalui Heydrich. Ketika mobil Heydrich yang beratap terbuka mendekati pasangan pembunuh itu, Gabcík melangkah di depan kendaraan, mencoba melepaskan tembakan pembuka. Tapi pistolnya macet. Heydrich memerintahkan sopirnya menghentikan mobil. 

Ketika Heydrich berdiri untuk mencoba menembak Gabcík, Kubis melemparkan granat pada kendaraan dan fragmen pecahan peluru yang merobek mobil tertanam ke dalam tubuh Heydrich. Heydrich, turun dari mobil, kembali ditembak dan berusaha mengejar Gabcík, tapi rubuh. Para pembunuh awalnya yakin bahwa serangan itu gagal. Tapi beberapa hari kemudian, Heydrich meninggal di rumah sakit akibat infeksi.

Operasi Pluto

Lebih dikenal sebagai Invasi Teluk Babi, operasi itu untuk menentukan hari-hari awal kepresidenan JFK. Rencananya, operasi ini akan melibatkan pemberontak Kuba yang dilatih CIA plus dukungan udara Amerika. Para perencana telah membayangkan bahwa invasi itu akan memicu pemberontakan rakyat melawan Castro. 

Tapi serangan udara Amerika yang dijanjikan tidak pernah terjadi. Ini adalah kemunduran publik pertama CIA sehingga Presiden Kennedy memecat Direktur CIA waktu itu, Allen Dulles. Menariknya, Operasi Pluto juga merupakan nama yang digunakan dalam Perang Dunia II untuk membangun jaringan pipa minyak utama di laut antara Prancis dan Inggris.

Operasi Wrath of God

Setelah kelompok teroris Black September menculik dan membunuh 11 atlet Israel pada Olimpiade Munich 1972, badan intelijen Israel, Mossad, memutuskan untuk membalas dendam melalui Operasi Wrath of God. Selama waktu itu, unit pembunuh rahasia Israel menewaskan puluhan komplotan yang dicurigai di seluruh Eropa. Pembunuhan itu pun mendorong pembalasan dan kritik terhadap Israel.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Operasi Rahasia dan Penting yang Tercatat dalam Sejarah (Bagian 2)

Related

History 6823688817551449003

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item