Kisah 10 Penjara Terkejam dan Paling Mengerikan di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 10 Penjara Terkejam dan Paling Mengerikan di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Para napi sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka melakukan mogok makan, bahkan membakar diri sendiri sebagai bentuk protes. Namun tidak berhasil. Fasilitas penjara ini ’sangat mengerikan’, jauh dari standar. 

Di sini pernah terjadi peristiwa menggegerkan, di mana anak-anak dijebloskan di sini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. Kejahatan terhadap kemanusiaan sepertinya menjadi peristiwa biasa saja. Tak heran penjara ini masuk dalam sasah satu penjara yang paling menyeramkan di dunia.

La Sabaneta Prison (Venezuela)

Venezuela juga memiliki penjara tak kalah brutal, yakni La Sabanetaa, di mana kekerasan menjadi santapan sehari-hari. Fasilitas yang sangat minim, membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar. Maklum, pelayanan dokter sangat minim, bahkan nyaris tak ada. 

Makanan kurang dengan menu yang jauh dari sederhana. Kondisi napi di Penjara La Sabaneta adalah yang buruk dari yang terburuk. Tak heran kalau wabah kolera sempat mampir kemari dan memakan korban 700 napi. Di sini pun pernah terjadi pembantaian masal yang mengambil korban 100-an napi tahun 1994. 

Kematian merajalela di La Sabaneta. Salah sedikit, nyawa bisa melayang. Para staf penjara malas mengurusi napi, sehingga para napi leluasa berbuat semaunya. Mereka berkelahi bahkan membunuh sesama napi. Para penjaga ‘menutup mata’ atas kejadian-kejadian itu.

La Sante Prison (Paris, Perancis)

Seperti penjara ‘maut’ lainnya, di sini pun nyawa manusia tak berharga. Perlakuan brutal merajalela. Kesewenang-wenangan pengelola penjara membuat kehidupan napi benar-benar tidak berharga. Banyak napi akhirnya menjadi gila. 

Sel-sel penjara yang penuh kutu dan tikus semakin membuat napi stres. Sungguh ironis arti kata ‘La Sante’ yang berarti health (kesehatan) dalam bahasa Inggris. Karena pada kenyataannya hidup di sana sungguh tidak sehat. 

Perbudakan antar sipir ke napi, napi ke sesama napi, sudah menjadi biasa. Tak heran kalau banyak napi tak tahan akhirnya bunuh diri, atau menjadi gila. 

Sepanjang tahun 2002 dikabarkan terjadi 122 kasus bunuh diri napi. Disusul 73 napi pada pertengahan 2003. Kecenderungan bunuh diri ini kemungkinan karena kondisi hidup yang mengerikan di sana. Penjara terlalu padat, fasilitas minim, serta aneka kekerasan yang terjadi di sana, diduga sebagai pemicu tindakan bunuh diri.

Rikers Island Prison (Rikers Island, New York)

Penyiksaan brutal membuat penjara ini begitu dikenal di Amerika. Pada 2007, tawanan Charles Afflic mengalami penyiksaan berlebihan dari penjaga penjara, sehingga harus menjalani pembedahan otak. Sebanyak 6 napi bunuh diri di selnya karena tak tahan dengan suasana penjara yang menekan, pada 2003.

Tadmor Prison (Suriah)

Kematian di penjara ini seperti tak terhitung banyaknya. Kekerasan di Tadmor begitu mengerikan, dan benar-benar tak kenal ampun. Seorang mantan napi Tadmor menggambarkan penjara ini sebagai kerajaan maut, dan kegilaan mengerikan Tadmor memiliki penjaga haus darah, narapidana penjagal, dan tawanan politik. 

Pada 1980, sesudah percobaan pembunuhan pada Presiden (di Damaskus), narapidana terpaksa membayar mahal. Para perajurit menyerang penjara, mereka menggunakan halikopter dan mendarat di Tadmor. Para prajurit ini membantai 500 orang tawanan di sel mereka. Para napi mati mengenaskan, tidak dapat menyelamatkan diri karena para sipir merantai kaki mereka di sel. 

Related

International 2812828891592618563

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item