Kisah Bersejarah: Pertama Kalinya Dunia Mengenal Organisasi Kejahatan Mafia


Naviri Magazine - Joseph Valachi lahir di East Harlem, New York City, pada tanggal 22 September 1904. Karir kriminalnya bermula dari geng kecil bernama Minutemen. Geng itu dikenal mampu melakukan perampokan dan melarikan diri dalam waktu kurang dari satu menit. 

Pada awal 1930-an, Valachi diperkenalkan kepada Cosa Nostra dan menjadi tentara dalam Keluarga Reina (sekarang dikenal sebagai Keluarga Lucchese) selama puncak Perang Castellammarese. 

Valachi berjuang di pihak Salvatore Maranzano yang akhirnya mengalahkan sang saingan, Joseph Masseria. Setelah Maranzano terbunuh pada tahun 1931, Valachi menjadi tentara dalam Keluarga Genovese yang dipimpin oleh Charles "Lucky" Luciano.

Pada awal 1960-an, Joseph Valachi membuat Cosa Nostra sebagai nama keluarga dan pada tahun 1962, ketika dipenjara karena perdagangan heroin, ia membunuh seorang pria yang dikirim untuk membunuhnya, namun takut untuk membunuhnya.

Pada bulan Oktober 1963, Joseph Valachi menjadi informan FBI dan bersaksi bahwa mafia memang ada. Ia adalah orang pertama yang secara terbuka mengakui keberadaan mafia. 

Pengungkapan Valachi itu memang tidak mengarah pada penuntutan terhadap pemimpin kejahatan. Namun, ia mampu memberikan banyak rincian tentang sejarah organisasi, operasi dan ritual mereka. Kesaksiannya disiarkan di radio dan televisi serta diterbitkan di surat kabar.

Motivasi Valachi menjadi informan menuai perdebatan. Valachi mengaku bahwa kesaksiannya sebagai layanan publik, tetapi kesaksiannya kemungkinan dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk mendapatkan pengurangan hukuman.

Pada tahun 1966, Valachi melakukan upaya bunuh diri dengan cara “menggantung” menggunakan kabel listrik. Namun, ia meninggal karena serangan jantung pada tahun 1971 di La Tuna Federal Correctional Institution, Texas. Kepalanya sendiri pernah dihargai $ 100.000.

Dalam dunia sinematografi, Joseph Valachi menginspirasi karakter Willi Cicci dan Frank Pentangeli dalam film Godfather II (1974).

Related

History 7043010928545528830

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item