Melihat Lebih Dekat Honda City Hatchback RS, Pengganti Honda Jazz


Naviri Magazine - Usai meluncurkan model hatchback terbaru, City Hatchback RS, secara virtual, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengundang sejumlah wartawan untuk melihat dan merasakan langsung kendaraan pengganti model Jazz yang saat ini sudah tidak lagi diproduksi. 

Karakter sporty langsung terasa pada hatchback yang baru akan diproduksi massal pada akhir Maret tersebut. Kesan tersebut hadir berkat unsur hitam glossy di bagian atas gril depan, kaca spion, shark fin antenna, dan pelek berukuran 16 inci yang diusungnya. 

Kesan lapang juga terasa di dalam kabin berkat dimensinya yang memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm, dengan jarak sumbu roda 2.600 mm. 

"(Kabin Honda City Hatchback RS) lebih luas karena wheelbase-nya lebih panjang dibandingkan Jazz. Pasti impact ke interiornya, ruang kakinya lebih panjang," jelas Dealer Skill Development Assistant Manager HPM, Onsert Ophirio. 

Pengemudi juga dimudahkan mendapat posisi duduk yang nyaman, berkat fitur tilt & telescopic steering wheel dan pengatur ketinggian joknya yang dilapisi bahan fabric berkontur suede. Dengan desain jok semi bucket, pengemudi juga akan lebih nyaman bermanuver karena ditopang oleh sepasang 'sayap' di kedua sisinya. 

"Bahan kursinya juga menggunakan bahan Alcantara. Jadi kalau lagi manuver, badan kita tidak bergeser," tutur Onsert. 

Sebagai penerus Honda Jazz, Honda City Hatchback RS tidak menghilangkan fitur-fitur andalan yang terdapat pada Jazz. Salah satunya adalah fitur Ultra Seat pada jok bagian belakang dengan empat mode pengaturan. 

- Utility Mode: melipat kedua kursi belakang untuk memaksimalkan area kargo. 

- Long Mode: melipat kursi penumpang bagian depan dan belakang untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih panjang. 

- Tall Mode: mengangkat dudukan kursi belakang untuk mendapatkan ruang tinggi yang ekstra di bagian belakang. 

- Refresh Mode: melipat kedua kursi depan ke belakang nyaris rata sehigga menghasilkan ruang depan yang lebih lapang untuk beristirahat. 

"Bawa barang tinggi kayak pot tanaman juga bisa. Kalau mau bawa barang panjang bisa, tinggal merebahkan kursi depan. Keunggulan Jazz gak dihilangkan untuk City Hatchback RS. Ultra seat masih ada, mesinnya bahkan lebih powerful," ungkap Onsert. 

Honda City Hatchback RS dibekali mesin 4 silinder 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + Drive by Wire (DBW) yang mampu menghasilkan output maksimal 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Menurut Onsert, performa City Hatchback lebih baik dibandingkan Jazz dengan mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) bertenaga 120 PS. Walaupun memiliki torsi yang sama-sama 145 Nm, namun mesin City Hatchback meraihnya di putaran mesin yang lebih rendah. 

"Jadi tarikannya bisa lebih baik. Impact-nya selain ke tenaga, juga ke efesiensi bahan bakar. Dari hasil pengujian internal, City Hatchback lebih irit 3% dibandingkan Jazz," jelasnya. 

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.  

Berbagai fitur kekinian lainnya yang sesuai dengan gaya hidup anak muda juga disematkan pada mobil ini, seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch, dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. 

Related

Automotive 6533162164007853090

Recent

item