Membaca Kepribadian Perempuan di Balik Bahasa Tubuhnya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Perempuan adalah makhluk lembut yang sensitif. Karena sifat khas yang menjadi karakternya itu, perempuan pun seringkali bukan jenis orang yang dapat berbicara secara blak-blakan atau secara terus-terang dalam mengungkapkan isi hati atau kehendaknya—dia lebih menyukai bahasa isyarat atau bahasa tak langsung dalam mengutarakan maksud atau niatnya. 

Salah satu bahasa isyarat yang seringkali digunakannya itu adalah dengan menggunakan bahasa tubuhnya, entah dengan cara tersenyum, menggerakkan mata, memiringkan kepala, atau yang lainnya.

Menurut pendapat para pakar psikologi dan komunikasi, beberapa gerakan atau reaksi tubuh seorang perempuan terhadap lawan jenisnya dapat diartikan memiliki makna atau arti tertentu. Seorang perempuan bisa saja melontarkan senyumnya kepada lawan jenisnya, namun bagaimana bentuk senyumannya dapat memberikan arti yang berbeda. 

Seorang peneliti yang melakukan studi terhadap perilaku senyuman kaum perempuan menyatakan bahwa suatu senyuman yang sebenarnya (senyuman yang tulus) dapat ditandai dengan munculnya kerutan-kerutan di pinggir bagian luar matanya. Karenanya, apabila seorang lelaki mendapati seorang perempuan tersenyum dengan tanda-tanda tersebut, maka itu menunjukkan bahwa si perempuan merasa senang tanpa berpura-pura. 

Gabriel Raam, seorang pakar komunikasi nonverbal, mengatakan bahwa lelaki perlu memperhatikan seberapa besar perempuan yang ditemuinya itu menunjukkan bagian telapak tangannya. 

Apabila perempuan itu melakukan gerakan-gerakan yang mengungkap bagian telapak tangannya (memperlihatkan telapak tangannya) atau dia menyilangkan kakinya ketika duduk kemudian meluruskannya lagi hingga sampai memperlihatkan bagian pahanya, itu bisa merupakan indikasi bahwa si perempuan tertarik pada lelaki yang dihadapinya. 

Perilaku lain dengan makna serupa di atas adalah dalam gerakan memiringkan atau memutar kepala hingga menampakkan bagian lehernya. 

Jangan lupa pula untuk mencermati gerakan jari-jari kedua tangan, kedua kelopak mata, dan juga bibir perempuan yang ada di hadapan kita. Apabila salah satu dari bagian tubuh tersebut berkedut atau bergetar ketika bercakap-cakap, maka kemungkinan ada yang salah atau ada masalah pada sesuatu yang dia ucapkan atau yang kita ucapkan.

Jika kita berbicara dengan seorang perempuan dan kita merasa tertarik kepadanya namun dia terlihat ‘menerawang’ dalam arti pandangannya tidak fokus kepada kita, maka sebaiknya kita mundur teratur, karena perempuan itu menunjukkan bahwa dia tidak tertarik kepada kita. 

Tanda lain yang menunjukkan bahwa seorang perempuan tidak terlalu menyukai lelaki yang berhadapan dengannya bisa dilihat dari gerakan-gerakan tubuh yang terkesan berlebihan, seperti dalam menyilangkan kaki, melipat tangan atau kedua bibirnya terkatup erat.

Kita juga bisa mengamati bagaimana tingkah perempuan dengan rambutnya. Seorang  yang sering menyentuh rambutnya atau merapikan rambutnya dengan jari-jari tangannya dapat memberikan makna bahwa dia senang mendapatkan belaian. 

Namun, jika seorang perempuan secara khusus tertarik kepada kita saat bertemu, dia biasanya akan menunjukkan bahasa tubuh berupa menyibak rambutnya agar tidak menutupi wajahnya. Bahasa tubuh semacam itu juga bisa diartikan sebagai semacam isyarat ‘godaan’.

Monica Moore dan Tim Perper, dua orang peneliti masalah komunikasi nonverbal menyatakan dalam risetnya bahwa perempuan yang membiarkan rambutnya menutupi wajah atau terurai menutupi sebagian matanya, bisa diartikan bahwa perempuan tersebut tengah berusaha mengurangi tingkat suatu hubungan.

Pakar lain, Jack Dovidio, juga menambahkan bahwa kita dapat mengamati gerakan kaki perempuan ketika kita berhadapan dengannya. Apabila ketika bercakap-cakap dengannya dia menunjukkan gerakan kaki yang gelisah, atau matanya mengarah ke pintu, itu bisa menunjukkan bahwa dia merasa tak nyaman dan ingin meninggalkan kita. 

Meskipun dia mungkin mencoba menutupi perasaannya itu dengan sikap yang tenang dan juga senyuman, namun tingkahnya tadi sudah jelas bahwa dia ingin segera keluar dari tempat dia bersama kita. 

Namun sebaliknya, jika seorang perempuan mulai menggerak-gerakkan kakinya dengan gaya seperti orang akan (atau ingin) melepaskan sepatunya, dengan tingkah dan cara yang sugestif, maka itu bisa jadi merupakan suatu isyarat bahwa dia menginginkan kelanjutan dari pertemuannya dengan kita.

Nah, agar bisa lebih jelas dalam memahami bahasa tubuh perempuan yang menjadi isyarat-isyarat tersebut, berikut ini adalah rahasia di balik beberapa bahasa tubuh yang biasanya paling sering digunakan oleh perempuan dalam mengisyaratkan maksud hatinya…

Seputar tangan, bibir dan mata

Inilah bahasa umum yang seringkali ditunjukkan oleh perempuan dalam hal mengisyaratkan sesuatu yang ada di dalam hati dan pikirannya, karena ketiga bagian tubuh inilah yang seringkali diperhatikan oleh lawan jenisnya ketika tengah berdekatan dengannya. 

Perhatikan, apabila dia melakukan gerakan-gerakan tertentu (terkesan sebagai gerakan yang berlebihan) pada mata, bibir dan jari tangannya, maka itu biasanya menandakan bahwa ada sesuatu yang tengah mengganjal dalam benaknya; sesuatu yang membuatnya gelisah atau terganggu, namun dia merasa sulit untuk mengungkapkannya. Pada waktu itu, dia memerlukan dorongan untuk mau membukakan masalahnya.

Jika dia menyilangkan kedua tangannya di depan dadanya atau di depan tubuhnya sementara kedua bibirnya tertutup dengan rapat atau membisu, maka biasanya dia tengah merasa tidak nyaman atau tengah merasakan suatu kegelisahan. Pada waktu-waktu semacam itu, dia membutuhkan ucapan atau sikap yang dapat membuatnya yakin bahwa segalanya akan baik-baik saja.

Baca lanjutannya: Membaca Kepribadian Perempuan di Balik Bahasa Tubuhnya (Bagian 2)

Related

Psychology 591911321929331666

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item