Membaca Peluang Bisnis dari Penggunaan Internet (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Membaca Peluang Bisnis dari Penggunaan Internet - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Begitu pula dengan organisasi kemasyarakatan. Kalau dulu keberadaan suatu organisasi tertentu hanya dikenal oleh lingkungan tertentu atau pihak-pihak yang interest saja, namun sekarang menjadi semakin mudah memperkenalkan dirinya kepada publik dengan adanya internet. 

Organisasi ‘Green and Peace’, misalnya, dulu hanya dikenal namanya saja karena ada begitu banyak orang yang tidak tahu siapakah mereka sesungguhnya, dimanakah alamat sekretariatnya, bagaimana aktivitasnya, apa saja yang telah mereka lakukan dan sebagainya. 

Semua itu terjadi karena tidak lancarnya sistem informasi yang dapat mereka berikan kepada masyarakat, atau karena terbatasnya ruang lingkup jangkauan yang dapat mereka raih.

Namun sekarang, dengan sebuah website di internet, maka organisasi semacam itu akan lebih mudah dikenal dan diketahui keberadaan serta segala aktivitasnya, karena sebagian besar masyarakat (khususnya para pengguna internet) akan terjangkau oleh mereka. 

Dengan website ini mereka dapat memperkenalkan diri, memberitakan aktivitas-aktivitasnya, memberikan himbauan tertentu kepada masyarakat yang sesuai dengan visi dan misinya, serta juga dapat menjaring anggota baru untuk memperluas lingkup organisasi mereka.

Selain institusi organisasi, institusi penerbitan pun mulai memahami bahwa internet adalah salah satu sarana untuk terus mengembangkan bisnis mereka. Saat ini, ada begitu banyak institusi penerbitan yang juga membangun website untuk menyatakan keberadaan mereka, atau setidaknya memperkenalkan diri kepada masyarakat. 

Surat kabar-surat kabar yang selama ini sudah terkenal pun merasa perlu untuk juga memiliki website agar para pembaca yang tak membeli surat kabar mereka bisa tetap mendapatkan informasi dan berita yang mereka rilis setiap harinya.

Institusi penerbitan buku juga menjadikan internet sebagai salah satu sarana dalam tujuan yang tak jauh berbeda. Banyak sekali saat ini penerbit buku yang keberadaannya diketahui oleh publik melalui internet karena mereka memiliki website di internet. 

Kadang-kadang orang tidak pernah tahu seperti apakah buku yang mereka terbitkan, namun dengan internet, orang-orang pun tahu bahwa ada perusahaan penerbitan tertentu dan mereka pun kemudian mengenalnya.

Internet jelas merupakan sarana promosi yang efektif bagi para penerbit ini. Kalau selama ini mereka mungkin menggunakan surat kabar atau media massa cetak lain untuk memperkenalkan buku-buku baru terbitan mereka, maka sekarang website di internet dapat melakukannya dengan lebih efektif. 

Setiap kali mereka menerbitkan buku baru, maka website mereka akan memperkenalkan sekaligus mempromosikannya, dan ada sekian juta orang yang akan mengetahuinya.

Website mereka juga biasanya sangat menarik dan informatif (karena tentu tujuannya agar para pengguna internet suka mampir ke situs mereka), dan di website itu para penerbit ini dengan cukup lengkap menjelaskan profil diri mereka (seperti kapan didirikan, buku seperti apa saja yang mereka terbitkan, naskah seperti apa saja yang mereka butuhkan dan lain-lain). 

Baca lanjutannya: Membaca Peluang Bisnis dari Penggunaan Internet (Bagian 3)

Related

Internet 2663643136381627462

Recent

item