Mengenal 8 Tipe Kecerdasan Manusia: Inilah Penyebab Kelebihan Orang Berbeda-beda


Naviri Magazine - Pada masa lalu, para filsuf Yunani mengungkapkan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk paling cerdas. Namun kecerdasan itu harus dilatih agar bisa tampil keluar, serta dilihat orang lain. Orang yang cerdas bisa menjadi manusia seutuhnya, jika menguasai ilmu [filsafat], seni, dan olahraga; ketiga hal itu sudah ada dalam diri manusia. 

Di samping itu, menurut Aristoteles, manusia [yang sehat menguasai ilmu, seni, olahraga] seharusnya juga mempunyai ethos, logos, dan pathos. Artinya, ia memperlihatkan kualitas dan kapasitas yang menyangkut:

1. Ethos, merupakan karakter moral yang baik dan diterima oleh siapapun, ia mampu melakukan pendekatan dengan melalui cara-cara atau perilaku hidupnya yang baik dan bermartabat.
    
2. Pathos, kemampuan membuka jalan untuk orang lain; mampu menyentuh perasaan dan emosi seseorang melalui teladan hidup dan kehidupan.
    
3. Logos, kemampuan mengungkapkan kata-kata yang mampu meyakinkan orang lain, sehingga mereka mendapat pengetahuan baru ataupun berkembang secara intelektual dan kecerdasannya

Secara ringkas, kecerdasan-kecerdasan tersebut, antara lain:

1. Kecerdasan Linguistik

Kemampuan menggunakan kata secara efektif, lisan maupun tertulis. Meliputi juga kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, bunyi bahasa makna sehingga peka terhadap kata kalimat, susunan, huruf, dan mampu menyusunnya dengan baik dan indah.

2. Kecerdasan Matematis-Logis

Kemampuan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesis. Cocok buat yang suka hitung-menghitung agak rumit dan senang dengan permainan angka.

3. Kecerdasan Spasial

Kemampuan mempersepsikan dunia spasial-visual secara akurat, dan mentranformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur itu, kemampuan membayangkan sesuatu, mempresentasikan ide dengan cara visual, mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial. 

Kamu suka menyesatkan diri saat jalan-jalan, tapi kamu selalu menemukan jalan. Inilah kecerdasanmu.

4. Kecerdasan Kinestesis-Jasmani

Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikahn ide atau perasaan, keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu, kelenturan kakuatan, akan berhubungkan hal yang berkaitan dengan sentuhan. Kalau kamu suka bikin pernak-penik, atau suka menghafalkan rumus fisika sambil senam, inilah kamu!

5. Kecerdasan Musikal

Kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara mempersepsikan, membedakan, mengubah, kepekaan pada nada, irama, melodi. Bisa dengan cepat menghafal lagu dan menggunakan musik untuk menghafal pelajaran.

6. Kecerdasan Intrepersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, dan persaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wajah, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu. 

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan tarhadap memahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, keinginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri. 

8. Kecerdasan Naturalis

Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies di lingungan sekitar, kepekaan pada fenomena alam, kemampuan membedakan benda tak hidup.

Related

Science 2621567517175463838

Recent

item