Mengenal Kriteria Jurnal Internasional Asli, dan Cara Mencarinya di Internet


Naviri Magazine - Bagaimana kriteria jurnal internasional yang bisa dipercaya dan di mana kita mengunduhnya? 

Ada kalanya cukup mudah untuk mencari jurnal internasional di internet, cukup menggunakan keyword berkaitan dengan jurnal yang dicari, dalam bahasa resmi PBB, maka akan banyak bermunculan jurnal internasional yang bisa diunduh. Tetapi kita kadang ragu akan keabsahan jurnal yang kita dapat tersebut, apakah asli atau abal-abal. Simak ulasannya berikut ini.

Jurnal internasional merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh peneliti, dipublikasikan dan ditargetkan kepada pembaca di kancah dunia atau level internasional. Syarat paling final sebuah jurnal bisa dikatakan sebagai jurnal internasional apabila sudah mengantongi nomor seri standar internasional atau International Standart of Serial Number (ISSN). Jurnal juga harus sudah melalui proses sunting oleh dewan editorial, yaitu pakar jurnal di bidang terkait, paling sedikit berasal dari 4 negara.

Jurnal yang diterbitkan tersebut telah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah serta etika keilmuan, menggunakan Bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Rusia, Spanyol atau Perancis, sebagai bahasa resmi PBB. 

Selain itu, jurnal harus mendapat indeks dari minimal satu Database Internasional bereputasi, seperti Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan lain-lain. Serta ada jurnal yang diterbitkan versi online-nya sehingga bisa diakses oleh masyarakat internasional.

Dilansir dari ppikid.ub.ac.id, berikut ini lima laman yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan jurnal internasional yang bisa dipercaya keabsahannya.

1. pak.dikti.go.id

2. www.scopus.com

3. www.scimagojr.com

4. ip-science.thomsonreuters.com

5. academic.research.microsoft.com

Cara mencarinya cukup mudah. Masukkan judul jurnal yang akan dicari. Namun jika tidak tahu secara pasti judul jurnal tersebut, ketik saja kata kunci jurnal yang akan dicari di kolom pencarian di laman, kemudian klik cari, maka jurnal yang dicari akan ditampilkan jika memang ada. Jika tidak ada, jurnal-jurnal yang berkaitan juga akan direkomendasikan.

Sementara itu, untuk mengecek apakah suatu penerbit atau jurnal terindikasi predator, terdapat laman khusus yang bisa diakses. Jurnal predator merupakan jurnal internasional yang tidak ada proses peninjauan ilmiah atas naskah selama proses penerbitan, sehingga keabsahannya tidak bisa dipertanggungjawabkan atau diragukan.

Selain jurnal predator, ada juga jurnal yang dibajak. Dilansir dari publons.com, jurnal yang dibajak adalah situs web duplikat atau palsu dari pihak sah yang menggunakan judul, ISSN, dan informasi lain dari jurnal ternama. 

Laporan tersebut sering kali dibuat oleh pihak ketiga yang jahat, dengan tujuan untuk secara curang menawarkan kesempatan kepada akademisi untuk mempublikasikan penelitian mereka secara online dengan biaya tertentu.

Berikut laman yang dapat diakses untuk mengetahui suatu penerbit dan jurnal internasional apakah terindikasi sebagai jurnal predator, dan juga cara mengetahui jurnal bajakan.

1. https://predatoryjournals.com/journals

2. https://predatoryjournals.com/publishers

3. https://predatoryjournals.com/hijacked

Related

Tips 254085985242526386

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item