Mengenal Macam-macam Memori yang Digunakan Komputer (Bagian 1)


Naviri Magazine - Memori atau RAM adalah salah satu bagian penting yang digunakan dalam kerja komputer. Fungsinya adalah untuk menyimpan data-data yang kita masukkan ke komputer, secara realtime. Ketika kita menulis di Word, misalnya, tulisan itu akan tersimpan sementara dalam memori, untuk kemudian kita simpan permanen di hardisk.

Berikut ini adalah berbagai jenis atau tipe memori yang biasa kita kenal dalam dunia komputer, beserta penjelasannya masing-masing.

DRAM

Chip dari DRAM ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki cara kerja yang berkebalikan dengan SRAM. DRAM ini harus disegarkan atau direfresh berulang-kali agar dapat menyimpan data di dalamnya. Susunan memori DRAM ini diatur dalam bentuk baris dan kolom dari sel-sel memori.

DRAM ini dibuat dengan menggunakan proses yang serupa dengan pembuatan prosesor. Setiap bit di dalam DRAM dibentuk dari pola-pola yang membentuk kapasitor dan transistor. 

Biayanya pun lebih rendah kalau dibandingkan dengan prosesor karena DRAM dibentuk dari serangkaian struktur sederhana yang berulang-ulang, sehingga tidak ada kerumitan dalam pembuatan sebuah chip DRAM dengan jumlah transistor jutaan buah. DRAM ini menggunakan sekitar setengah dari jumlah transistor pada SRAM.

FPM RAM

Semua tipe memori terbentuk dari serangkaian kolom dan baris. Bit-bit disimpan di dalam setiap sel dari rangkaian itu. RAM standar atau FPM RAM ini memiliki waktu akses 70 ns atau 60 ns. FPM RAM sendiri merupakan singkatakn dari Fast Page Mode DRAM.

Perbaikan dalam kecepatan DRAM ini awalnya datang dari perbaikan proses dan folitografi. Perbaikan secara lebih lanjut dari struktur DRAM ini salah satunya kemudian menghasilkan apa yang disebut sebagai EDO RAM atau Extended Data Out.

EDO RAM

Extended Data Out RAM atau EDO RAM mempunyai beraneka ragam kecepatan, yaitu 70 ns, 60 ns dan juga 50 ns. Memori yang 60 ns merupakan kecepatan yang paling rendah yang biasanya digunakan pada sistem bus 66 MHz, biasanya pada Pentium 100 MHz atau sekitarnya. 

Berbeda dengan FPM DRAM, pada jenis EDO RAM ini tidak diperlukan proses menonaktifkan kolom beserta output buffer sebelum melakukan transfer berikutnya. EDO RAM juga dapat menyelesaikan pembacaan memori, yang secara teoritis lebih cepat 27 persen kalau dibandingkan dengan FPM RAM.

Burst EDO RAM

Burst Extended Data Out RAM merupakan perbaikan dari EDO DRAM yang mengandung sebuah pipe-line dan counter burst 2 bit. Pada DRAM yang biasa seperti FPM dan EDO, akses DRAM dilaksanakan dengan melalui pengontrol memori. Pengontrol ini harus menunggu data sampai siap untuk dikirimkan ke inisiator.

Burst EDO RAM ini melakukan eliminasi kondisi semacam di atas itu sehingga ia dapat meningkatkan kinerja sistem sampai menjadi seratus persen dibandingkan dengan FPM dan lima puluh persen lebih baik dibandingkan dengan EDO DRAM. 

Hanya saja, Burst EDO RAM ini kurang didukung oleh chipset sehingga menjadi sulit sekali untuk dapat menemukan Burst EDO RAM, dan kondisi itulah yang kemudian memunculkan apa yang disebut sebagai Synchronous DRAM.

SDRAM

Pada Synchronous DRAM atau SDRAM, sebuah burst counter pada chip memungkinkan bagian kolom dari alamat untuk dinaikkan secara cepat, dimana hal tersebut membantu pemulihan informasi pada pembacaan yang berurutan. 

Pengontrol memori menyediakan lokasi dan ukuran blok memori yang diperlukan, dan chip SDRAM ini menyuplai bit-bit secepat proses CPU dengan menggunakan clock untuk melakukan sinkronisasi pengaturan waktu chip memori menuju clock sistem CPU.

Fitur utama dari SDRAM ini terletak pada pengiriman data secara off-chip pada kecepatan sampai dengan 100 MHz. Selain itu, secara teoritis juga terdapat perbaikan sekitar 18 persen dibandingkan dengan EDO untuk tipe pentransferan data yang tepat.

Baca lanjutannya: Mengenal Macam-macam Memori yang Digunakan Komputer (Bagian 2)

Related

Technology 8589884617846707368

Recent

item