Mengenang Nike Ardilla, Penyanyi Legendaris Indonesia yang Mati Muda (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenang Nike Ardilla, Penyanyi Legendaris Indonesia yang Mati Muda - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Alhasil, album Seberkas Sinar laris manis di pasaran. Album ini bahkan tembus penjualan 500.000 keping. Album keduanya lebih legendaris. Judulnya sama dengan lagu terpopuler Nike: Bintang Kehidupan. Penjualannya bisa tembus empat kali lipat, mencapai dua juta keping! Inilah album penentu kesuksesan karier Nike ke depannya. 

Pasca perilisan Bintang Kehidupan, namanya resmi berganti. Ia bukan lagi Nike Astrina, tetapi Nike Ardilla. Awal tahun 1990-an menjadi saksi kebintangan Nike. Dulu ia boleh jadi pesimis. Tapi siapa sangka, di usia muda ia bisa sejajar dengan para penyanyi papan atas. Konser-konsernya padat penonton, dari barat sampai timur Indonesia. 

Pada masa itu hanya segelintir orang yang asing dengan karya-karya Nike Ardilla. Mayoritas hafal, atau minimal tahu lagu "Bintang Kehidupan", "Seberkas Sinar", "Ku Tak Akan Bersuara", "Sandiwara Cinta", dan masih banyak lainnya. 

Kecelakaan maut Nike Ardilla terjadi saat ia dalam puncak ketenaran. Maka wajar jika publik ramai membincangkannya, termasuk tentu saja di komunitas penggemar Nike Ardilla. 

Ada yang bilang, Nike Ardilla tidak langsung meninggal di tempat kejadian perkara, namun dalam perjalanannya menuju rumah sakit. Lalu gosip soal kapan sebenarnya waktu kecelakaan. Ada yang bilang bukan jam 6 pagi, tapi pukul 5:45. Bahkan ada yang bilang lebih awal lagi, yakni pukul tiga pagi. 

Sebuah fakta adalah ban mobil Nike sempat bocor sebelum perjalanan pulang. Ban cadangan kemudian dipasang, namun ukurannya sedikit lebih kecil. Kata salah satu fans, bisa jadi ban cadangan itu yang bikin mobilnya tidak stabil dan sulit dikendalikan Nike saat banting setir. 

Kecelakaan itu membuat Nike mengalami luka parah di bagian kepala dan memar-memar di dadanya. Tragis, memang. Saking tragisnya, menurut sejumlah penggemar, terdapat banyak kejanggalan dalam kecelakaan tersebut. Ada juga yang menyodorkan teori konspirasi: sesuatu yang ingin mereka percayai, sekaligus menunjukkan betapa besarnya rasa kehilangan terhadap sang pujaan. 

Nike Ardilla memang istimewa. Ia multitalenta. Sejak album pertamanya rilis, Deni Sabri Management langsung mempersiapkan Nike untuk berkarya di bidang lain. Kabarnya ia memang disiapkan untuk menggantikan model Cut Irna, bintang film Meriam Bellina, dan diva rock Nicky Astria. Mengapa? 

Menurut Deni Sabri, Nike adalah perpaduan ketiga pesohor itu. Nike dilibatkan dalam puluhan film box office. Beberapa di antaranya seri film daerah terlaris: Si Kabayan. Karakter perempuan utama dalam awal seri yang dibintangi oleh Paramita Rusady kemudian digantikan oleh Nike Ardilla. 

Dunia sinetron tak ketinggalan. Nike sempat tampil dalam None, sinetron dengan rating tinggi arahan sutradara Putu Wijaya. Di sini ia berpasangan dengan Paramitha Rusadhy. Itu semua belum termasuk penampilannya dalam puluhan iklan dan laris di bidang modeling. Salah satu prestasi terbaiknya adalah terpilih sebagai GADIS Sampul Favorit, kompetisi model yang dulu amat bergengsi. 

Petualangannya di banyak bidang membuat penggemar Nike tumbuh subur di berbagai daerah. Para penggemar ini pula yang tak mengira jika Nike akan meninggal di usia muda. Majalah Asia Week menafsirkan Nike dalam sebuah kalimat satir, "in dead she soared", "di dalam kematian, ia bersinar". 

Nike dimakamkan di Ciamis, Jawa Barat, pada sore di hari ia meninggal dunia. Jenazahnya diantar ribuan penggemar dan sejumlah artis. Fans garis kerasnya bahkan masih berada di kediaman Nike pada beberapa hari setelah pemakaman. 

Hingga kini, setiap tanggal 19 Maret dan 27 Desember, ratusan penggemar Nike melakukan ritual khusus. Mereka memulainya dengan mengunjungi tempat kecelakaan, lalu ziarah ke makam, sambil tak lupa menyanyikan lagu-lagu Nike. 

Related

Entertaintment 8070859681638006135

Recent

item