Menurut Ilmuwan AS, Terlalu Sering Menggunakan Ponsel Bisa Sebabkan Kanker Otak


Naviri Magazine - Batasi penggunaan telepon seluler bila Anda ingin terhindar dari risiko terkena kanker otak. Peringatan tersebut dilontarkan Dr Ronald B. Herberman, direktur Pusat Penelitian Kanker Universitas Pittsburgh, AS. Hasil penelitian tersebut berlawanan dengan beberapa riset sebelumnya yang tidak menemukan kaitan antara risiko kanker dengan penggunaan ponsel.

“Yang betul-betul memprihatinkan adalah bahwa kita tidak bisa menunggu hingga hasilnya benar-benar terbukti. Tapi, berjaga-jaga lebih baik dibanding menyesal akhirnya,“ ujar Herberman. 

Diharapkan juga menjauhkan ponsel dari anak-anak, sebab otak mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Sedangkan bagi yang sudah dewasa, sebaiknya menggunakan ponsel sejauh mungkin dari kepala. Bahkan lebih baik menggunakan fasilitas loudspeaker atau headset saja.

Penggunaan ponsel di tempat umum seperti di bus, juga membuat orang lain terkena paparan gelombang elektromagnetik dari ponsel yang aktif. Saat aktif, ponsel menghasilkan energi frekuensi radio. 

Menurut Pusat Penelitian Kanker Nasional, radiasi yang dihasilkan itu membentuk radiasi elektromagnetik. Kini, penelitian terus dikembangkan untuk mengetahui kaitan antara tadiasi tersebut dengan tumbuhnya tumor di otak ataupun sistem saraf pusat.

Sebelumnya, sebagaimana ditampilkan dalam situs resmi Badan Pangan dan Obat-Obatan Amerika, ponsel relatif dianggap tidak berbahaya. Kalaupun ada, sangat kecil. Hal itu didasarkan pada hasil penelitian di Prancis dan Norwegia.

Related

Smartphone 7033540743564214616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item