Misteri Hewan-hewan Monster Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Selama ribuan tahun, peradaban manusia mengenal kisah-kisah tentang monster—biasanya berbentuk hewan—yang diyakini menghuni tempat-tempat tertentu, semisal hutan lebat, pegunungan tinggi, atau danau-danau yang dalam. 

Keberadaan monster-monster itu bisa saja imajinasi, atau memang fakta, atau fakta yang dibumbui imajinasi. Yang jelas, dari semua legenda mengenai monster yang pernah diceritakan, memang ada yang bisa dibuktikan kebenaran atau keberadaannya, namun lebih banyak yang tidak.

Di masa kini, kisah mengenai keberadaan monster semacam itu pun masih ada, dan diyakini menghuni beberapa tempat tertentu di dunia. Berikut ini adalah monster-monster yang masih diyakini di zaman ini, yang dipercaya menghuni beberapa danau terkenal di dunia.

Nessie, monster Danau Lochness

Di Skotlandia ada sebuah danau terkenal, bernama Danau Lochness. Yang menjadikan danau itu sangat terkenal, karena diyakini ada monster penunggu danau tersebut, yang dinamai Nessie. 

Legenda mengenai monster itu telah dimulai sejak seribu lima ratus tahun yang lalu, dan digambarkan sebagai makhluk berleher panjang, memiliki punuk di bagian punggung, panjangnya antara 15 sampai 20 kaki, serta beratnya diperkirakan sekitar 2.500 pon.

Pada tahun 1950-an, seseorang yang kebetulan berada di danau itu sempat mengambil potret Nessie melalui tustel, namun yang tertangkap hanya bagian punggungnya. Kemudian, pada tahun 1972, seorang mantan kapten angkatan laut bernama Frank Searle juga membuat beberapa foto mengenai monster tersebut, bahkan foto-fotonya beredar di berbagai surat kabar dan majalah. 

Namun, foto-foto itu diragukan kebenarannya, dan diyakini hanya sebagai foto kayu terapung. Sampai sekarang masih belum jelas apakah monster terkenal itu benar-benar ada atau tidak. 

Nahuelito, monster Danau Nascardi 

Jika di Skotlandia ada Danau Lochness, di Argentina ada danau yang sama terkenalnya, bernama Danau Nascardi. Sama seperti di Skotlandia, danau terkenal di Argentina itu juga diyakini dihuni oleh sesosok monster mengerikan. 

Seorang pria yang pernah menyaksikan monster itu menggambarkannya sebagai seekor ular besar yang belum pernah ia saksikan sebelumnya.

Kabar keberadaan monster itu pun berhembus kencang, dan berbagai spekulasi merebak. Beberapa kalangan meyakini bahwa makhluk di Danau Nascardi itu adalah Nahuelito (makhluk air yang juga sering terlihat di danau Nahuel Huapi). Sementara sebagian kalangan yang lain berpendapat bahwa monster itu sebenarnya adalah seekor Plesiosaurus yang berhasil selamat dari zaman purba.

Ogopogo, monster Danau Okanagan

Mula-mula, monster yang disebut Ogopogo itu terlihat pada tahun 1872, di sebuah danau di Kanada, yakni Danau Okanagan. Kabar keberadaan makhluk misterius yang diyakini sebagai monster itu semula tidak terlalu dipercaya. 

Namun, pada tahun 1926, makhluk itu muncul kembali di danau, dan kebetulan waktu itu ada sekitar 30 mobil yang sedang ada di sekitar danau. Orang-orang dalam mobil pun menyaksikan keberadaan monster itu.

Para saksi mata yang melihat monster itu mendeskripsikan makhluk itu sebagai hewan besar dengan panjang antara 5 sampai 6 meter, dan memiliki bentuk kepala seperti kambing atau kuda. Para ilmuwan yang mengkonfirmasi keberadaan makhluk itu lalu mengidentifikasinya sebagai salah satu Plesiosaurus yang berhasil selamat dari kiamat dino.

Champ, monster Danau Champlain

Keberadaan monster yang disebut Champ telah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Monster itu diyakini menghuni Danau Champlain, yang terletak di dekat Oakledge Park, Burlington. Namun, selama ratusan tahun itu pula belum pernah ada seorang pun yang bisa membuktikan keberadaannya. 

Pada tahun 1880, P.T. Barnum, seorang pemilik sirkus terkenal, menawarkan hadiah sebesar 50 ribu dolar bagi siapa pun yang bisa menangkap monster Champ hidup atau mati, tetapi hasilnya nihil.

Sampai kemudian, pada tahun 1977, seorang wanita bernama Sandra Mansi berhasil memotret monster itu ketika ia dan keluarganya kebetulan sedang berpiknik di dekat Danau Champlain. 

Foto-foto yang dibuat Sandra Mansi dinyatakan asli, dan foto-foto itu bahkan dimuat dalam majalah Time serta ditampilkan di harian The New York Times. Tetapi sampai sekarang keberadaan monster itu juga masih tidak jelas, karena belum ada lagi yang melihatnya.

Baca lanjutannya: Misteri Hewan-hewan Monster Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Mistery 3890646835188761943

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item