Panduan Dasar dan Tips Sukses Berwirausaha (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Panduan Dasar dan Tips Sukses Berwirausaha - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Jalin hubungan kerjasama

Dalam menekuni pembuatan produk kimia industri ini, mau tak mau Anda harus menjalin hubungan dengan beberapa pihak. Semakin besar bisnis yang Anda bangun, maka semakin besar pula jalinan hubungan kerjasama yang juga harus Anda bina.

Meskipun mungkin pada awalnya bisnis Anda belum terlalu besar, toh Anda tetap memerlukan jalinan hubungan kerjasama ini. Misalnya, Anda memerlukan kerjasama dengan pihak yang dapat menyediakan wadah cetakan dalam membuat produk kimia yang Anda produksi. 

Selain itu, Anda juga memerlukan hubungan dengan orang yang dapat membuat bungkus atau kemasan dari produk yang Anda buat. Dan jika bisnis Anda terus berkembang dan membesar, tidak menutup kemungkinan kalau Anda pun mungkin akan berhubungan dengan pihak bank atau investor.

Jadi, dalam proses produksi ini, Anda memang tak bisa melakukan segalanya sendirian, kecuali kalau Anda memang dapat memproduksi semua-muanya. Namun, untuk lebih meringankan kerja Anda, maka sebaiknya Anda menjalin hubungan dengan pihak lain yang dapat menyediakan sesuatu yang tidak bisa Anda buat sendiri. 

Kalau Anda memproduksi shampo, misalnya, Anda tidak perlu repot membuat kemasannya sekaligus, karena Anda bisa mencari pihak pembuat kemasan shampo dan memesan kepada pihak tersebut. Ini akan jauh meringankan kerja Anda.
 
Teruslah kembangkan jaringan

Mungkin, pada awalnya Anda hanya mampu memproduksi satu jenis produk saja, dan mungkin Anda pun pada awalnya hanya memiliki pasar yang terbatas. Namun, jika Anda terus tekun mengembangkannya, maka yang sedikit dan sempit itu pun akan menjadi banyak dan meluas.

Produk yang pada awalnya hanya satu jenis, lama-lama akan mengembang menjadi beberapa jenis apabila Anda terus bekerja untuk mengembangkannya lebih lanjut. Karenanya jangan pernah berhenti belajar dan berhenti meneliti. Selalu saja ada produk baru yang dapat Anda buat kalau Anda terus tekun mencari dan mempelajarinya.

Begitu pula dengan jaringan pasar. Pasar yang mungkin hanya sedikit pada awal Anda berproduksi pun lama-lama akan menjadi suatu jaringan pemasaran yang luas sekaligus kuat kalau Anda terus memfokuskan diri untuk tujuan itu. Selalulah mencari informasi daerah-daerah mana saja yang memiliki tingkat kebutuhan yang besar pada produk yang Anda buat, kemudian banjiri daerah itu dengan produk-produk Anda.

Seperti juga pada jenis produk kimia industri lainnya, tidak ada yang langsung besar dan langsung dikenal. Semuanya membutuhkan proses berliku dan jalan yang panjang. 

Produk-produk yang sekarang terkenal, semuanya pun membutuhkan proses yang panjang untuk bisa menjadi seterkenal sekarang. Karenanya, jangan pernah berhenti berjuang untuk terus memperkenalkan produk-produk Anda pada masyarakat atau konsumen.

Mulailah melakukan diversifikasi

Kalau Anda perhatikan, produk yang memiliki nama induk Indofood memiliki banyak jenis dan ragam produk. Produk-produk Indofood itu mulai dari kecap, mie instan, sambal, sampai pada jenis-jenis minuman sirup. Apa yang dilakukan oleh Indofood dengan membuat aneka jenis produk yang berbeda itu dinamakan ‘diversifikasi’.

Nah, apabila usaha yang Anda bangun sudah mulai membesar, mulailah untuk juga melakukan diversifikasi dengan tujuan untuk merebut pasar sebanyak-banyaknya. Kalau Anda pada mulanya hanya memproduksi satu jenis sabun, misalnya, Anda bisa melakukan diversifikasi dalam bentuk memproduksi jenis-jenis sabun lainnya. 

Mungkin sabun yang memiliki nama berbeda dengan fungsi berbeda, dengan aroma berbeda, dengan harga yang juga berbeda. Ini bisa dikatakan sebagai bentuk diversifikasi awal.

Pada nantinya, kalau memang sudah memungkinkan untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut, Anda bisa membuat jenis produk-produk yang berbeda dengan nama induk atau merek yang sama—seperti pada contoh Indofood tadi. Pendeknya, semakin banyak ragam jenis produk yang dapat Anda buat dan Anda pasarkan, maka semakin besar pula kemungkinan produk-produk Anda akan dipilih oleh konsumen.

Jangan berhenti berkreativitas

Berbeda dengan bekerja sebagai pegawai di suatu kantor atau di suatu perusahaan tertentu, maka bekerja dengan kreativitas adalah bekerja dengan tanpa jadwal yang ditetapkan. Karenanya, di sini yang paling diperlukan adalah kedisiplinan dan keinginan untuk tidak pernah berhenti belajar.

Kalau Anda bekerja di suatu perusahaan atau di suatu kantor milik orang lain, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah berangkat dan pulang kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan mengerjakan segala pekerjaan yang telah ditetapkan sesuai dengan tugas Anda. 

Namun, bekerja dengan kreativitas yang mandiri dan mencoba menciptakan suatu peluang usaha sendiri dengan membuat produk-produk kimia industri ini, yang diperlukan tidak hanya sekedar itu. Di sini Anda juga dituntut untuk terus berkreativitas, tidak berhenti mencari jenis dan produk baru yang dapat Anda buat agar bisnis Anda terus berkembang dan maju ke depan.

Mencari duit dengan kreativitas adalah mencari duit dengan asyik. Artinya, Anda harus benar-benar mencintai pekerjaan Anda, menyukai apa yang Anda lakukan, agar proses kerja yang dilakukan bisa benar-benar mengasyikkan. 

Related

Tips 6028127641811470963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item