Panduan Lengkap Membangun Website Bisnis di Internet (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kalau kita ingin mulai membangun suatu bisnis di dunia nyata ini, maka kita setidaknya harus memiliki lokasi bisnis untuk menjalankan transaksi bisnisnya. Lokasi bisnis itu bisa rumah kita sendiri, suatu kantor, atau membangun warung atau toko untuk menjalankannya. 

Nah, begitu pula dengan membangun bisnis di dunia maya bernama internet. Untuk dapat berbisnis di internet, maka kita pun harus memiliki ‘warung’ atau ‘toko’ sebagai tempat atau lokasi untuk menjalankannya. 

Di internet, tempat untuk menjalankan bisnis adalah situs atau website. Karenanya, apabila kita ingin memiliki dan membangun sebuah bisnis di internet, maka kita pun tentunya harus memiliki sebuah atau beberapa buah website untuk menjalankan atau mengoperasikan bisnisnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan saran untuk membangun, mengembangkan serta mengelola website bisnis di internet.

Organisasikan isi website

Website yang kita bangun haruslah terorganisir dengan rapi, baik, sekaligus juga ramping dan tidak membingungkan, baik bagi diri kita sendiri, terlebih khusus bagi para pengunjung website kita. 

Link-link yang kita masukkan ke dalam tampilan website sebaiknya diorganisasikan serapi mungkin; mana link yang untuk teks, dan mana link yang untuk gambar, atau juga mana link yang untuk menuju ke website lain. Semakin bagus pengorganisasian dalam hal ini, maka semakin mudah pula nantinya bagi kita dalam memelihara dan mengelola isi website ini.

Lebih baik link-link yang kita masukkan ke dalam website tersebut dipisah-pisah dalam direktorinya sendiri-sendiri, karena jika semuanya terkumpul dalam satu direktori, maka kita sendirilah yang kelak akan kesulitan dalam mengelolanya. 

Apalagi kalau kemudian website kita semakin besar karena banyaknya artikel atau gambar atau foto yang terus kita update dan kita upload ke dalamnya. Bayangkan kalau misalnya website kita tersebut telah memiliki 700 halaman. Kita bisa bingung sendiri nantinya ketika akan meng-update isi website tersebut.

Nah, selain itu, apabila kita sering memindah-mindahkan file di dalam website, maka akan lebih baik jika file-file tertentu menggunakan URL absolut, misalnya seperti file gambar atau film atau musik. Umpamanya dengan menggunakan URL berikut; http://namasitus.com/images/files.jpg daripada menggunakan URL relatif seperti misalnya; images/files.jpg. 

Upayakan Tampilan yang Nyaman

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website dan kemudian Anda merasa bingung dengan apa sesungguhnya yang ditawarkan oleh website tersebut? Atau Anda merasa lelah membaca isi tulisan di dalam website itu karena warna huruf-hurufnya yang kabur di atas warna dasarnya yang terlalu terang? 

Nah, upayakan agar website yang kita bangun untuk menawarkan bisnis tersebut tidak mengalami nasib seperti itu. Karenanya, buatlah kata-kata dan kalimat yang jelas dan tidak membingungkan pengunjung yang membuka website tersebut. 

Tidak perlu menggunakan kata-kata yang berbunga-bunga atau kalimat-kalimat yang metaforis, gunakan saja kata-kata sederhana yang mudah dipahami dan mudah dimengerti. Ingat, tujuan kita membuat website tersebut bukan untuk menampilkan kata-kata indah laksana puisi atau sastra, namun untuk menawarkan suatu produk atau bisnis kepada pengunjung website kita.

Selain itu, jangan sampai pengunjung website kita menjadi lelah ketika membaca dan mempelajari isi website kita. Karenanya, usahakan untuk membuat kalimat-kalimat yang tak terlalu panjang, mudah diselesaikan dalam hitungan menit, dan gunakan warna-warna yang teduh yang tidak menyilaukan mata. 

Meskipun warna-warni yang mencolok atau terlalu bersinar mungkin nampak indah, namun warna-warni semacam itu malah membuat mata cepat lelah. Gunakan saja ruang berwarna putih untuk tampilan artikel yang kita sampaikan, agar pengunjung menjadi lebih mudah dan lebih nyaman saat membacanya.

Baca lanjutannya: Panduan Lengkap Membangun Website Bisnis di Internet (Bagian 2)

Related

Internet 8829024124358786299

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item