Panduan Memahami Pasar, Pemasaran, dan Produk yang Akan Kita Jual


Naviri Magazine - Pasar adalah orang-orang dengan suatu kebutuhan atau keinginan, uang untuk dibelanjakan, dan kemauan untuk membelanjakan.

Tiga hal di bawah ini merupakan panduan mudah dan cepat untuk diterapkan dalam bisnis, produk, jasa, atau ide baru mana pun, yang selama ini Anda renungkan: Apakah ini merupakan pasar yang berkembang? Apakah produk-produk ini diperlukan oleh pasar? Apakah ini kendaraan bagi penjualan?

Apakah basis bisnis Anda sebenarnya?

Apabila seseorang menanyakan pada Anda mengenai bisnis baru Anda, mungkin Anda menjawab “kami menjual sabun”. Bagaimana pun, yang sebenarnya Anda jual adalah keuntungan yang disediakan oleh sabun-sabun Anda.

Tidak seorang pun sungguh-sungguh menginginkan sabun, mereka ingin manfaat yang terdapat dalam sabun. Anda menjual keuntungan dari sabun, dan memuaskan kebutuhan dari suatu segmen khusus.

Apa perbedaan antara menjual dan memasarkan produk?

Menjual adalah: Memperluas produk; Perusahaan membuat lalu membutuhkan dan mengirim; Manajemen berorientasi menjual; Perencanaannya berjangka pendek untuk produk dan pasar sekarang, mendatang, dan pertumbuhan yang akan datang.

Memasarkan adalah: Memperluas pelanggan; Perusahaan menentukan menjual produk; Manajemen berorientasi untung; Perencanaannya berjangka panjang untuk produk baru, dan berorientasi pasar.

Apa hal-hal penting yang berhubungan dengan bisnis Anda?

Daftar berikut ini dapat dijadikan sebagai semacam “renungan harian” Anda sebagai seorang wiraswastawan. Dengan selalu memikirkan dan merenungkan hal-hal berikut, Anda akan memiliki perspektif yang lebih baik menyangkut usaha yang sedang Anda tekuni, untuk terus maju dan berkembang.

Apakah perubahan di pasar menawarkan kesempatan dan tantangan? Haruskah Anda memperkirakan ulang berbagai kemungkinan di sekitar bisnis Anda? Haruskah Anda mengkaji ulang arah bisnis Anda? Apakah bisnis Anda sudah terfokus? Di bisnis apa Anda (sesungguhnya) berada? Apa permainan utamanya?

Sudahkah Anda melihat kembali dan menetapkan peran usaha Anda di tahun mendatang? Apakah Anda memberi nilai tambah pada bisnis Anda? Apakah Anda menyadari kebutuhan klien atau konsumen Anda? Apakah bisnis Anda berorientasi pada pemasaran? Apakah Anda bersedia berubah?

Apa yang perlu diketahui mengenai penawaran langsung?

Penawaran langsung atau biasa disebut direct mail, adalah salah satu upaya pengenalan produk baru terhadap calon konsumen dan pelanggan. Banyak wiraswastawan  yang menempuh cara penawaran direct mail, karena biayanya relatif murah. Jika Anda ingin menggunakan direct mail, berikut ini hal-hal yang perlu Anda tahu.

Beberapa aturan umum untuk pemasaran melalui surat langsung adalah: Surat penawaran memiliki nilai 65% dari upaya pemasaran. Brosur memiliki nilai 25% dari upaya pemasaran. Formulir pesanan memiliki nilai 10% dari upaya pemasaran. Tingkat tanggapan secara rata-rata adalah sebesar 2%.

Related

Tips 295628124668045773

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item