Penyebab Sakit Gigi, dan Cara Meredakan Sakit Gigi yang Dapat Anda Lakukan di Rumah


Naviri Magazine - Sakit gigi adalah salah satu kondisi yang disebabkan gigi berlubang, sinusitis, dsb. Cara meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan mengidentifikasi penyebab sakit gigi terlebih dahulu. Berkumur air hangat/garam, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan, dan minum obat pereda nyeri, merupakan cara-cara meredakan sakit gigi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Sakit gigi dapat menyebabkan orang sulit berkonsentrasi, makan, dan minum. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami sakit gigi, supaya penyebabnya dapat ditangani dengan baik.

Untuk dapat meredakan sakit gigi, penyebabnya harus dipahami terlebih dahulu. Penyebab-penyebab sakit gigi, antara lain:

Gigi berlubang: Sisa makanan yang menyelip di sela gigi, terutama jika gigi Anda renggang.

Radang akar gigi atau gusi: Trauma akibat cedera atau menggigit terlalu keras.

Gigi retak atau patah, tumbuh gigi, sinusitis, abses gigi, tambalan gigi yang rusak/terlepas.

Beda Penyebab, Beda Karakterisitik Sakit Giginya

Berikut adalah beberapa karakteristik sakit gigi dan penyebab yang mendasarinya. Penting untuk mengidentifikasi penyebab sakit gigi terlebih dahulu agar dapat mempermudah Anda mencari cara meredakan sakit gigi tersebut.

Sakit Gigi Berupa Nyeri Tajam, Menusuk, dan Berlangsung Sebentar

Penyebabnya adalah gigi berlubang, gigi retak atau patah, tambalan gigi yang terlepas. Biasanya muncul jika ada rangsangan panas, dingin, atau manis.

Pada kasus gigi retak, sakit dirasakan jika ada sisa makanan keras tersangkut di dalam retakan, dan nyeri muncul setiap kali menggigit atau mengunyah. Gusi yang turun akibat cara sikat gigi yang salah, pasca pembersihan karang gigi, atau gigi yang menipis akibat diet tinggi asam, juga dapat menjadi penyebabnya.

Sakit Gigi Berupa Nyeri Tumpul, Nyut-nyutan, dan Menetap

Paling sering disebabkan oleh gigi berlubang tahap lanjut. Sakit gigi cenderung terjadi berulang walaupun gigi yang berlubang sudah ditambal. Kondisi ini biasanya terjadi jika lubang sudah mencapai pulpa, sehingga terkena saraf gigi. Awalnya sakit gigi hanya muncul jika ada stimulus, tapi kemudian muncul secara spontan. Stimulus panas memperberat nyeri, sedangkan dingin membuat nyeri berkurang.

Cara Meredakan Sakit Gigi 

Berikut cara-cara meredakan sakit gigi yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

Berkumur dengan air hangat. Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air garam, dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi.

Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas. Pilih obat-obatan yang mengandung parasetamol untuk anak-anak. Ibuprofen aman digunakan untuk orang dewasa.

Jika sakit gigi disebabkan oleh trauma, gunakan kompres dingin dari sisi luar pipi.
Letakkan es batu pada tangan Anda, pada sisi yang sama dengan gigi yang sakit. Oleskan es batu pada sela antara jempol dan jari telunjuk sekitar 7 menit atau sampai area tersebut terasa baal. 

Minyak cengkeh dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit. Oleskan langsung ke area yang sakit atau teteskan minyak cengkeh ke kapas, lalu tekan-tekan area yang sakit dengan kapas tersebut.

Bawang putih mengandung allicin yang akan keluar saat dipotong/ditumbuk. Allicin dikenal sebagai kandungan bawang putih yang dapat melawan penyakit.

Jika sakit gigi yang Anda rasakan disertai dengan tanda-tanda berikut, Anda perlu segera periksa ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut: Sakit gigi yang menetap lebih dari 2 hari, sakit gigi yang tidak reda dengan obat pereda nyeri, disertai dengan demam, nyeri saat mengunyah atau membuka mulut, gusi kemerahan, mulut terasa pahit, pipi atau rahang bengkak, kesulitan bernapas atau menelan.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Sebagian besar sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang (karies). Untuk mencegah sakit gigi, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara:
  • Rutin menggosok gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi satu kali sehari
  • Kumur dengan mouthwash 1-2 kali sehari
  • Periksakan gigi Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan
  • Kurangi makan makanan yang mengandung gula
  • Mengaplikasikan fluoride dan sealant. Konsultasi dengan dokter gigi Anda untuk informasi lebih lanjut

Related

Tips 4812742899528372707

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item