Perlu Tahu, Ini 5 Hal yang Bisa Menyebabkan Masalah Gusi Turun


Naviri Magazine - Resesi gingiva alias gusi turun adalah suatu kondisi dimana gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi, sehingga memperlihatkan permukaan akar gigi. Ini hanyalah satu dari gejala penyakit gusi (periodontal). 

Gusi turun tidak serta merta terjadi begitu saja, tetapi ada banyak penyebabnya, di antaranya adalah:

Penyakit periodontal

Ini adalah infeksi bakteri gusi yang menghancurkan jaringan gusi dan tulang penyokong yang menahan gigi untuk tetap pada tempatnya. Penyakit gusi adalah penyebab utama dari resesi gingiva.

Gen 

Sebagian orang bisa jadi lebih rentan terhadap penyakit gusi. Bahkan, studi menunjukkan bahwa 30% dari populasi dapat dengan mudah terkena penyakit gusi, terlepas dari seberapa baik mereka merawat gigi.

Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras atau dengan cara yang salah dapat menyebabkan enamel pada gigi menipis dan akhirnya menyebabkan gusi surut.

Perawatan gigi yang tidak memadai

Menyikat gigi secara tidak tepat, flossing, dan berkumur dengan obat kumur antibakteri, mempermudah plak untuk berubah menjadi kalkulus (tartar). Bahan berbahaya yang menumpuk pada gigi dan di antara gigi ini hanya dapat dihilangkan oleh tenaga medis gigi profesional. Ini dapat menyebabkan resesi gingiva.

Perubahan hormon

Fluktuasi pada kadar hormon wanita seumur hidup, seperti pubertas, kehamilan, dan menopause, dapat membuat gusi lebih sensitif dan rentan terhadap resesi gingiva.

Related

Health 3084140964830182544

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item