Perlu Tahu, Ini 5 Sikap yang Biasanya Jadi Pemicu Rasa Insecure Dalam Diri


Naviri Magazine - Rasa insecure atau minder pasti pernah dirasakan setiap orang. Namun, perasaan tersebut mustahil muncul begitu saja tanpa ada pemicunya. Ada pemicu yang kita sadari, ada juga pemicu yang tak kita sadari, namun secara perlahan menggerogoti kepercayaan diri.

Jika kamu tengah bertanya-tanya apa yang sebetulnya jadi pemicu rasa insecure dalam diri kamu saat ini, beberapa sikap berikut bisa jadi pemicunya. 

1. Terlalu sering menelan mentah-mentah komentar orang lain

Apa yang dilontarkan orang lain memang ada beberapa yang sebaiknya kita pilah serta pilih untuk dijadikan masukan agar kita semakin baik lagi. Namun, tak semua komentar orang lain kamu telan secara mentah-mentah begitu saja.

Ambil yang sekiranya akan mendatangkan kebaikan untukmu. Jangan semuanya kamu anggap masukan. Terlalu sering melakukan hal tersebut hanya akan membuatmu semakin insecure dan jauh dari percaya diri.

2. Betah berada di zona nyaman

Sikap yang jadi pemicu rasa insecure adalah karena kamu takut untuk mencoba. Pikiranmu sudah ke mana-mana bahkan sudah memikirkan skenario untuk gagal padahal kamu belum mencobanya sama sekali. Betah berada di zona nyaman tak akan membuatmu berproges.

Selain itu, betah di zona ini juga tak akan membawamu kemana-mana. Sehingga, saat melihat teman lainnya sudah berlari cukup jauh, yang tersisa hanya kamu dan rasa insecure kamu karena kamu tak mau untuk mencobanya.

3. Menganggap kegagalan adalah akhir dari segalanya

Kita semua pasti pernah merasakan kegagalan dalam hidup, entah dalam hal apa pun. Namun, sebagai manusia yang bijak, kita wajib bangkit dan memperbaiki diri supaya kegagalan yang pernah kita alami tak terulang lagi.

Rasa insecure kamu malah akan semakin menjadi jika terus-terusan kamu biarkan. Ayo bangkit dan jadikan kegagalan tersebut sebagai senjata untuk melawan rasa insecure dalam diri kamu.

4. Keras terhadap diri sendiri tapi bisa maklum dengan orang lain

Kamu pasti pernah berada di fase yang satu ini. Dimana kamu selalu menetapkan standar yang tinggi untukmu, bahkan mungkin kamu sendiri kesulitan untuk meraihnya, namun kamu selalu punya pemakluman atas orang lain.

Saat mereka berbuat A, kamu bisa memaklumi hal tersebut, tapi saat dirimu sendiri yang melakukan, kamu justru bersikap keras. Sikap-sikap seperti inilah yang pada akhirnya jadi pemicu rasa insecure dalam dirimu. Untuk itu, jangan terlalu keras terhadap diri sendiri.

5. Selalu takut mengecewakan orang lain

Terkadang, saat kita tengah berusaha mewujudkan sesuatu, kita dititipi ekspektasi orang lain. Kita selalu menganggap ekspektasi tersebut sebagai salah satu amanah yang wajib kita realisasikan.

Namun, pada kenyataanya, terkadang segala hal tak berjalan mulus. Sehingga ketakutan untuk mengecewakan orang lain bisa muncul begitu saja. Sikap ini pula yang akan berujung pada rasa insecure yang memicu diri kita semakin kehilangan rasa percaya diri. 

Related

Psychology 4013577332105084922

Recent

item