Perlu Tahu, Ini 7 Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Depresi


Naviri Magazine - Depresi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma dan stres. Namun, bukan hanya masalah berat saja yang memicu orang jadi depresi. Ada juga hal-hal ringan dan sepele yang bisa membuat seseorang jadi stres berat.

Faktor apa sajakah itu? Dilansir dari HealthMeUp, ini beberapa hal sederhana yang bisa memicu depresi.

Cuaca

Apakah Anda pernah merasa sedih atau putus asa setiap pergantian musim panas ke musim dingin atau hujan? Jangan khawatir, ini bukan kondisi yang parah. Kondisi ini disebut Seasonal Affective Disorsed atau SAD. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk orang yang memiliki kondisi kesehatan mental normal.

Merokok

Depresi sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali, orang yang ingin berhenti merokok mengalami perubahan suasana hati dan cemas.

Kurang Tidur

Kita sering merasa kesal dan cepat marah jika kurang tidur. Jika masalah kurang tidur terjadi terus-menerus, lama-lama efeknya bisa membuat orang depresi.

Penyakit Tiroid

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa depresi merupakan tanda penyakit tiroid yang tidak diobati. Ketika kelenjar tiroid di leher tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, maka mengarah pada kondisi yang dikenal sebagai hypothyroidism. 

Gejala utama dari penderita tiroid adalah depresi. Oleh sebab itu, jika Anda merasa tiba-tiba depresi, sangat sensitif dan mudah lelah, pastikan untuk melakukan tes tiroid.

Terlalu Sering Browsing Situs Jejaring Sosial

Dengan penggunaan situs jejaring sosial yang semakin marak, para pakar telah memperingatkan pengguna, khususnya anak-anak, terhadap dampak buruknya. Terlalu sering membuka media sosial ternyata dapat menyebabkan depresi. Kondisi ini biasanya mempengaruhi remaja yang sangat terobsesi dengan situs jejaring sosial tersebut.

Kurang Konsumsi Ikan

Stres dan depresi bisa mudah terjadi karena kurangnya kandungan omega 3 dalam tubuh. Asam lemak omega 3 pada ikan terbukti dapat memerangi gejala depresi. Orang dengan asupan ikan yang teratur dapat menangani masalah emosional lebih efektif. Oleh karena itu, dokter sering memberikan resep minyak ikan kepada penderita depresi.

Pil KB

Pil KB memiliki efek samping pada kesehatan mental. Penelitian terbaru menunjukkan, obat-obatan yang menandung synthetic version of progesterone dapat menyebabkan depresi bagi beberapa wanita.

Related

Psychology 3232449704633523738

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item