Pria Inggris Jadi Orang Kedua di Dunia yang Sembuh dari HIV


Naviri Magazine - Seorang pria berusia 40 tahun asal London, Inggris, diyakini menjadi orang kedua yang sembuh dari infeksi HIV atau human immunodeficiency virus.

Pria bernama Adam Castillejo itu telah bebas dari virus HIV yang hidup di tubuhnya selama 30 bulan. Jurnal medis The Lancet melaporkan, kesembuhan ini didapat setelah Castillejo menjalani perawatan terapi sel punca.

Sebelum Castillejo, Timothy Brown asal Berlin, Jerman, dinyatakan sebagai orang pertama di dunia yang sembuh dari infeksi HIV. Kesembuhan didapat setelah Brown menjalani perawatan serupa.

Melansir The Independent, donor sel punca yang diterima oleh Castillejo memiliki gen yang tidak umum, yang memberikannya perlindungan terhadap HIV.

Castillejo pun ditemukan tak lagi memiliki viral load HIV yang aktif dalam darah, air mani, atau jaringan lainnya. Dia dinyatakan bebas dari virus lebih dari setahun yang lalu.

Para ilmuwan mengatakan, transplantasi sel punca tampaknya menghentikan kemampuan virus untuk mereplikasi dirinya sendiri di dalam tubuh, dengan mengganti sel kekebalan pasien dengan sel donor yang melawan infeksi.

Skrining yang dilakukan Castillejo menemukan, 99 persen sel-sel kekebalan tubuhnya telah digantikan oleh sel donor.

"Temuan kami menunjukkan bahwa keberhasilan transplantasi sel punca sebagai obat HIV, yang pertama kali dilaporkan sembilan tahun lalu pada pasien di Jerman, dapat direplikasi," ujar peneliti, Profesor Ravindra Kumar Gupta, dari Cambridge University.

Obat HIV antiretroviral (ARV) juga disebut sangat efektif serta memungkinkan orang dengan HIV dapat hidup lebih lama dan sehat.

"Pengobatan ini [donor sel punca] dilakukan hanya sebagai upaya terakhir untuk pasien dengan HIV yang memiliki keganasan hematologis yang mengancam jiwa," ujar Gupta.

Artinya, terapi sel punca tak akan ditawarkan sebagai metode pengobatan umum yang diberikan pada pasien HIV.

Related

News 4670121282723810490

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item