Robot Senilai Rp 22 Triliun Dikirim ke Mars untuk Mencari Tanda-tanda Kehidupan


Naviri Magazine - Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, meluncurkan robot guna menjelajahi Mars dan mencari tanda-tanda bekas kehidupan yang mungkin pernah ada di planet merah itu..

Peluncuran robot yang diberi nama Mars Science Laboratory (MSL) tersebut berupa kendaraan beroda enam yang digerakkan dengan energi nuklir, dan diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

"Ini mesin impian ilmuwan Mars," kata Ashwin Vasavada, wakil ilmuwan proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA kepada para wartawan, seperti dilansir kantor berita AFP.

"Ini penjelajah ilmiah yang paling hebat yang pernah kami kirimkan... Kami sangat senang," imbuhnya.

Penjelajah yang juga dikenal sebagai Curiosity itu dirancang dengan biaya sekitar US$ 2,5 miliar (sekitar Rp 22 triliun). Robot ini dimaksudkan untuk memberikan informasi detail kepada para ilmuwan mengenai batu-batu di permukaan Mars, serta petunjuk mengenai apakah kehidupan pernah ada di planet terdekat dengan Bumi tersebut.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, penjelajah seukuran mobil SUV tersebut akan bisa melaporkan kepada para ilmuwan mengenai apa yang ditemukan di Mars. Namun sampel-sampel batu yang ditemukan di Mars tidak akan dibawa ke Bumi.

Related

Technology 5019291042447115743

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item