Tahapan-tahapan dan Perencanaan Menuju Kebebasan Finansial


Naviri Magazine - Jalan menuju financial freedom atau kebebasan finansial sebenarnya kompleks dan berliku. Mengutip Forbes, upaya untuk mewujudkan financial freedom layaknya maraton, bukan lari cepat.

Maka untuk mencapai financial freedom perlu sejumlah proses dan waktu yang tidak sebentar. Ada baiknya jika seseorang mulai melakukan langkah-langkah menuju kebebasan finansial, sejak usia muda.

Agar lebih mudah memenuhi target kebebasan finansial, sebaiknya memecah target besar tersebut menjadi tahapan-tahapan kecil yang harus digapai.

Cara ini bisa membuat proses panjang menuju financial freedom lebih gampang dikelola, dan juga mudah untuk dimulai karena berangkat dari level rendah.

Masih mengutip Forbes, berikut ini contoh 7 tahapan menuju financial freedom dari level terendah hingga tertinggi.

Level 1: Tidak Bergantung pada Gaji

Tingkat pertama kebebasan finansial adalah mempunyai dana darurat atau simpanan yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak, sehingga tidak harus bergantung pada gaji saja.

Sebagian besar orang mungkin mendapat beberapa tagihan tak terduga yang muncul sepanjang tahun. Memiliki dana darurat akan berguna pada situasi seperti itu.

Level 2: Punya Cukup Dana untuk Berhenti dari Pekerjaan Sementara Waktu

Kebebasan finansial juga dapat berarti menjadikan pekerjaan sebagai pilihan. Menyimpan cukup uang supaya dapat berhenti dari pekerjaan selamanya, tentu pekerjaan besar. 

Namun, jika hanya mampu mengumpulkan uang buat bekal saat berhenti dari pekerjaan sementara waktu, semacam cuti panjang, merupakan lompatan besar ke tujuan awal tadi. Di sisi lain, pada jangka pendek, duit ekstra yang dikumpulkan itu juga bisa menjadi dana darurat Anda.

Level 3: Punya Cukup Dana untuk Kebutuhan Hidup dan Tetap Menabung

Ini lebih tentang menikmati hidup Anda dan memiliki uang untuk melakukannya. Ada rasa lega yang sangat besar ketika Anda memiliki cukup uang untuk ditabung, melakukan hal-hal yang Anda sukai, dan masih memiliki duit lebih di akhir bulan. Hal ini tentu dengan asumsi bahwa Anda menghindari gaya hidup boros.

Level 4: Punya Kebebasan Waktu

Apa yang diinginkan banyak orang adalah lebih fleksibel dengan jadwal mereka. Kebebasan waktu dan kebebasan finansial berjalan seiring.

Kondisi ini bisa datang dalam bentuk lebih banyak waktu istirahat, waktu fleksibel atau bekerja dari jarak jauh pada kesempatan tertentu. Jadi, tidak harus mengambil cuti satu hari dari pekerjaan hanya untuk mengunjungi dokter gigi atau membawa anak ke dokter.

Level 5: Punya Dana Cukup untuk Pensiun dengan Sederhana

Bagi Anda yang ingin pensiun dini dengan kebebasan finansial, mungkin bisa menargetkan level ini. Jadi, dana pensiun tidak harus besar, asal cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok selama tak bekerja. Konsekuensinya, hidup usai pensiun harus dijalani secara sederhana.

Mempertimbangkan pensiun lebih cepat dengan dana minimum, bisa mendorong anda untuk lebih cermat dalam menggunakan uang. Jadi alih-alih mencicil mobil mewah yang akan memaksa Anda bekerja beberapa tahun lagi, lebih baik memilih berhemat agar lekas bisa pensiun.

Level 6: Punya Dana Cukup untuk Benar-benar Pensiun

Dengan asumsi Anda senang dengan standar hidup saat masih bekerja, seberapa besar dana yang diperlukan untuk terus menjalaninya di masa pensiun?

Jika sudah punya tabungan cukup, serta aset dan pendapatan pasif yang bisa mendukung pensiun dengan gaya hidup yang disukai, hal itu merupakan pencapaian besar menuju financial freedom.

Level 7: Punya Dana Cukup untuk Pensiun sesuai Impian

Untuk bisa lepas dari pekerjaan, bebas bepergian dan menghabiskan banyak waktu dengan teman maupun keluarga, sekaligus bisa berkeliling dunia, berapa dana pensiun yang Anda butuhkan?

Bercita-cita menggapai kondisi pensiun impian seperti itu tidak ada salahnya. Dengan memikirkan hal seperti itu, Anda bisa mempertimbangkan apakah kondisi sekarang sudah layak mendapatkan dana pensiun impian, atau justru ada hambatan untuk mencapainya sebelum usia lansia.

Memiliki dana yang cukup untuk menjalani masa pensiun sesuai impian merupakan level tinggi di tahapan financial freedom.

Related

Money 54538403362313090

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item