Tips Membentuk Kebiasaan Baru untuk Hidup Lebih Baik dan Positif


Naviri Magazine - Dalam hukum manajemen, bisnis yang sukses dimulai dengan rencana yang sukses. Rencana yang baik itu separuh dari nyawa kesuksesan—dalam hal apa saja. Karenanya, kalau tujuan kita adalah menjadi berkelimpahan uang dan rencananya adalah dengan melakukan penghematan yang rasional, maka rencanakanlah itu dengan baik dan dengan matang.

Lakukan evaluasi terhadap apa yang telah terbiasa Anda lakukan sehari-hari, kemudian lihatlah bagian-bagian mana saja yang dapat dipangkas, dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. 

Seringkali orang menjalani hidup dengan memubazirkan sesuatu tanpa menyadarinya, entah memubazirkan uang, memubazirkan waktu, ataupun memubazirkan tenaga. 

Karenanya, di sinilah perlunya evaluasi untuk meneliti kembali bagian-bagian mana saja dari aktivitas hidup Anda yang mungkin sepertinya penting namun sesungguhnya dapat ditinggalkan. 

Kita hidup berdasarkan kebiasaan. Dan kebiasaan itu bukanlah sesuatu yang alami; kebiasaan adalah sesuatu yang dibentuk. Karenanya, bagaimana hidup kita tergantung pada kebiasaan yang kita bentuk dalam hidup kita sendiri. 

Tidak ada orang yang dilahirkan dengan kebiasaan menonton televisi atau kebiasaan-kebiasaan lainnya; diri kita sendirilah yang membentuk kebiasaan itu. Dan kebiasaan-kebiasaan yang kita bentuk itu tidak selamanya bersifat positif. Terkadang juga negatif, atau setidaknya remang-remang (tidak jelas positif atau negatifnya).

Kinilah saatnya untuk meninjau dan mengevaluasi kembali, untuk melihat di bagian manakah hidup kita mengalami pemborosan yang sia-sia; baik pemborosan tenaga, pemborosan waktu, ataupun pemborosan uang. Setelah itu, kita bisa mulai belajar membentuk kebiasaan baru yang lebih positif, yakni kebiasaan untuk menjalani hidup secara lebih baik, lebih hemat dan lebih positif.

Related

Tips 5941654069369475190

Recent

item