Tips Membersihkan Harddisk agar Kinerja Komputer Makin Optimal (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Tips Membersihkan Harddisk agar Kinerja Komputer Makin Optimal - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Buang file pada menu akses dokumen

Ketika kita membuka-buka dokumen di dalam komputer, maka secara otomatis komputer akan menyimpan bekas-bekas pembukaan dokumen tersebut. Hal itu bisa kita lihat dengan jelas jika kita meng-klik Start, lalu arahkan ke Recent Document.

Nah, file-file itu kemudian akan menumpuk di dalam harddisk komputer, dan semuanya tersimpan di dalam folder yang disebut ‘Recent’. Semakin hari dan semakin banyak file dokumen yang kita buka, maka semakin banyak pula file-file sampah tersebut menumpuk di sana.

Untuk dapat membersihkannya secara tuntas, langkahnya cukup mudah. Masuklah ke drive C > Document and Setting > User > Recent. Maka Anda akan lihat seberapa banyak file sampah yang telah tertumpuk di sana.

Untuk membersihkan file-file sampah yang ada di sana, cukup dengan Select All dan kemudian menghapusnya sampai bersih. Cara ini akan mengurangi beban harddisk untuk menyimpan file yang pernah dibuka tetapi tidak lagi terpakai.

Buang file-file temporary

Beberapa file temporary yang tidak sengaja tersimpan di dalam harddisk juga sebaiknya dibuang atau dibersihkan. File dengan ekstensi *.tmp terkadang menumpuk di dalam harddisk tanpa pernah diketahui oleh pengguna komputer.

File temporary tersebut muncul ketika program-program yang sedang dijalankan menyimpan data sementara untuk mempercepat waktu akses dan untuk mencegah hilangnya data pada waktu terjadi masalah pada komputer, semacam hang atau matinya listrik secara tiba-tiba.

Pada program Word, misalnya, file temporary ini memiliki kegunaan untuk mempercepat eksekusi pada waktu pengguna melakukan aktivitas copy paste. Tetapi, ketika file tersebut dibuang, maka masih ada beberapa file temporary yang tidak bisa terhapus dan biasanya file temporary dengan tanggal yang sama ketika Anda menghapus jenis file ini tidak bisa terhapus.

Cara untuk dapat menghapusnya, masuklah ke Start > Menu > Search atau Find, lalu klik File & Folder dan isikan atau ketik *.tmp pada kotak ‘All or path of the file name’ d an pilih lokasinya pada drive C.

Setelah tombol Find atau Search di-klik, maka beberapa saat kemudian semua file temporary yang terdapat pada harddisk, khususnya di drive C, akan terlihat semua di sana. Untuk menghilangkannya, sekali lagi gunakan Select All dan lalu hapus semuanya.

Selain temporary file seperti di atas, ada juga file temporary lain yang perlu dihapus dari harddisk, yakni file temporary internet atau Temporary Internet File. Ini khususnya berlaku kalau Anda biasa menggunakan komputer untuk juga mengakses internet. File-file yang berisi daftar alamat yang pernah dibuka ini akan membuat komputer Anda menjadi lebih lambat kerjanya karena file-file ini memenuhi cache memori yang ada. 

Cara membuangnya adalah dengan masuk ke Control Panel, kemudian klik Internet Option. 

Klik Delete File yang ada pada bagian Temporary Internet Files, kemudian klik OK. Setelah langkah di atas itu dilakukan, maka semua alamat situs atau website yang pernah dikunjungi akan terhapus. Namun, meskipun penghapusan dengan cara ini akan membuat harddisk di komputer menjadi lebih bersih, tetapi cara atau langkah pembersihan ini menimbulkan konsekuensi tertentu, dalam hal ini adalah hilangnya atau terhapusnya situs-situs favorit yang biasa Anda kunjungi.

Untuk mengatasi hal itu, maka sebelumnya Anda perlu memasukkan website atau situs-situs favorit tersebut ke dalam daftar situs favorit yang ada pada toolbar di Internet Explorer atau yang lainnya terlebih dulu.

Related

Technology 6895212627132617588

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item