Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Untuk mengatasi hal semacam itu, kamu bisa menyelingi aktivitas belajarmu dengan melakukan hal lain, semisal beristirahat sejenak sambil mendengarkan musik, untuk kemudian mulai belajar lagi setelah otakmu segar kembali. 

Bergeraklah

Kalau kamu sudah belajar dengan khusyuk selama tiga jam, misalnya, bisa saja tubuhmu menjadi kaku karena kurang bergerak. Duduk selama berjam-jam tentu akan membuat badan menjadi pegal dan aliran darah menjadi kurang lancar. Ketika hal semacam itu terjadi, rasa kantuk pun biasanya akan mudah menyerang.

Karenanya, bergeraklah setelah kamu merasa cukup lama belajar. Letakkanlah buku sejenak, kemudian lakukanlah sesuatu yang memungkinkan tubuhmu bergerak. 

Terkadang kamu menghadapi saat-saat “genting” seperti ini; besok pagi kamu akan ujian, dan sekarang kamu harus belajar. Tetapi kamu terus-menerus merasa mengantuk. Bagaimana mengatasinya? Kalau tip-tip di atas sudah kamu lakukan tetapi kamu tetap saja merasa mengantuk, maka menggerakkan tubuh adalah tip yang biasanya akan mengalahkan rasa kantuk itu. Untuk hal ini, kamu bisa saja meloncat-loncat atau lari-lari di tempat.

Ketika tubuhmu bergerak dengan aktif, semisal lari-lari di tempat dalam waktu cukup lama, maka jantung akan berdenyut secara lebih cepat dan memompa darah dengan lebih lancar. Ketika hal itu terjadi, bisa dipastikan rasa kantuk pun akan segera hilang.

Basuhlah wajah dengan air

Bisa dibilang kalau ini adalah tip yang sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu kala, tetapi belum kadaluwarsa. Mencuci muka dengan air selalu bisa digunakan untuk mengusir rasa kantuk. Orang yang biasa bangun tengah malam untuk sholat tahajjud, misalnya, selalu merasakan bahwa kantuknya seketika lenyap setelah membasuhkan air di wajahnya.

Karenanya, kalau selagi belajar kamu tiba-tiba merasakan kantuk datang menyerang, segeralah pergi ke kamar mandi atau wastafel, kemudian basuhlah wajahmu dengan air. Setelah itu, kamu pun akan merasakan kantuk menjadi hilang, dan digantikan oleh rasa segar.

Istirahatlah sejenak

Lalu bagaimana kalau semua tip di atas sudah kamu lakukan tetapi rasa kantuk tetap saja muncul dan tak mau hilang? Kalau memang itu yang terjadi, maka berarti tubuhmu memang sudah harus diistirahatkan. Tubuh manusia bukanlah mesin yang tak mengenal lelah. Setelah melakukan atau mengerjakan sesuatu yang relatif berat, apalagi jika dalam waktu lama, tubuh pun akan menuntut haknya untuk beristirahat.

Kalau kamu sudah khusyuk belajar selama berjam-jam tanpa henti, tentu saja wajar kalau tubuhmu kemudian merasa capek yang ditunjukkannya dalam bentuk kantuk yang datang. Karenanya, akan lebih efektif kalau kamu menyelingi aktivitas belajarmu dengan istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan belajar lagi, daripada kamu terus-menerus belajar dalam waktu lama tanpa istirahat.

Berdasarkan banyak penelitian yang selama ini telah dilakukan, istirahat yang singkat tetapi rutin jauh lebih efektif dalam hal meningkatkan kesegaran tubuh, dibanding dengan istirahat dalam waktu lama karena kelelahan. Jadi, lebih baik mengistirahatkan tubuh walaupun sejenak, daripada kamu dipaksa beristirahat oleh tubuhmu karena sudah terlalu lelah.

Related

Tips 1836324607758520816

Recent

item