Tips Meningkatkan Motivasi Belajar agar Tidak Malas-malasan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Tips Meningkatkan Motivasi Belajar agar Tidak Malas-malasan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Datangilah perpustakaan umum di kotamu, lalu pinjamlah buku apa saja yang sekiranya akan membuatmu bersemangat membacanya. Meskipun mungkin tidak ada pelajaran soal perikanan di sekolah, misalnya, tetapi bacalah buku tentang perikanan jika kamu memang menyukai topik itu. 

Nantinya, perasaan suka selama proses membaca dan belajar itu pun akan menular saat kamu belajar topik yang lain, termasuk belajar buku-buku sekolah.

Rajin mempelajari banyak hal bukan hanya akan memperluas wawasanmu, tetapi juga akan melengkapi pengetahuanmu menyangkut pelajaran yang kamu peroleh di sekolah. Bisa jadi, pengetahuan yang kamu baca dari buku-buku lain itu ternyata melengkapi pengetahuanmu atas suatu pelajaran yang kamu dapatkan dari gurumu di sekolah. Dari situ, kamu pun akan jadi semakin rajin lagi untuk belajar.

Pelajari kisah orang-orang sukses

Mempelajari kehidupan orang-orang sukses selalu memberikan hal positif, salah satunya adalah semangat memperbaiki diri. Ketika membaca buku biografi seorang tokoh terkenal, misalnya, kita seperti diberitahu tentang bagaimana cara menjadi sukses dan berhasil seperti tokoh itu. 

Satu ciri yang hampir bisa dipastikan selalu ada dalam kepribadian orang-orang sukses adalah kegigihan dan semangat mereka dalam mengejar impiannya, yang di dalamnya selalu ada proses pembelajaran yang tak kunjung henti. Semua orang sukses adalah orang yang gigih, tak mudah menyerah, dan mereka selalu rajin belajar untuk memperbaiki diri. 

Karenanya, dengan membaca dan mempelajari kisah-kisah tentang mereka akan menyuntikkan semacam penyemangat yang akan memotivasi kita untuk dapat meneladani kisah hidup mereka, atau setidaknya untuk meningkatkan potensi diri kita sendiri.

Carilah buku-buku biografi dari tokoh apapun yang paling kamu sukai atau kamu idolakan. Kalau merasa kesulitan mencari buku biografi, bukalah internet dan masukkan nama tokoh yang kamu cari di search engine atau mesin pencari. Dari situ, kamu akan memperoleh setumpuk kisah mengenai tokoh yang kamu cari, dan kamu bisa belajar darinya.

Berikan rangsangan bagi diri sendiri

Seperti yang telah dinyatakan di atas, motivasi belajar bisa tumbuh dari faktor eksternal ataupun faktor internal. Bisa saja kamu jadi rajin belajar karena orang tuamu menjanjikan liburan ke Bali kalau kamu bisa juara pertama di kelas. 

Atau, bisa pula kamu jadi sangat termotivasi belajar karena kakakmu menjanjikan akan memberikan hadiah tertentu untukmu kalau kamu bisa masuk lima besar di sekolah. Itu motivasi dari luar yang kemudian menumbuhkan semangatmu dalam belajar.

Nah, bagaimana kalau tidak ada rangsangan dari luar yang dapat memotivasimu untuk rajin belajar? Bagaimana kalau tidak ada orang yang menjanjikan apa-apa untukmu? Kalau memang begitu kenyataannya, kamu bisa merangsang dirimu sendiri untuk menumbuhkan motivasi. Caranya mudah; manjakanlah dirimu sendiri jika kamu berhasil meraih suatu prestasi.

Misalnya, makanlah di kafe kesukaanmu jika kamu berhasil jadi juara pertama di kelas. Atau, kamu bisa mengatakan kepada dirimu sendiri, “Kalau aku bisa masuk tiga besar tahun ini, aku akan menonton film terbaru.” Intinya, selalu rayakanlah prestasi yang berhasil kamu capai, sehingga kamu selalu bersemangat dalam mengejar prestasi.

Selain itu, dengan cara seperti ini, kamu juga akan mulai belajar mendisiplinkan diri. Ketika kamu ingin melakukan sesuatu atau ingin mendapatkan sesuatu di luar aktivitas belajar, kamu dapat mengatakan pada dirimu sendiri bahwa kamu hanya bisa melakukan atau mendapatkannya setelah suatu prestasi tertentu tercapai. 

Ingat selalu, prestasi hanya dapat dicapai dengan kegigihan. Kegigihan hanya dapat dicapai dengan disiplin. Disiplin hanya dapat dicapai dengan kebiasaan. Jika ada kebiasaan baik yang patut dilakukan, rajin belajar adalah salah satu di antaranya.

Related

Tips 2815930007516345274

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item