Tips Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Penghasilan Bulanan


Naviri Magazine - Tanya jawab berikut ini hanyalah ilustrasi untuk mendapatkan kerangka pemikiran atau gambaran dalam hal mengelola penghasilan bulanan.

Pertanyaan:

Saya baru saja lulus kuliah, dan sekarang mulai bekerja di sebuah perusahaan dengan gaji sebesar Rp. 3 juta perbulan. Sebagai orang yang baru bekerja, saya belum terlalu tahu bagaimana cara mengelola anggaran dari penghasilan yang akan saya peroleh. Saya bahkan tidak terlalu yakin apakah jumlah gaji saya tersebut termasuk besar ataukah kecil jika diukur dengan kebutuhan saya nantinya dalam kehidupan sehari-hari.

Yang ingin saya ketahui adalah, bagaimanakah gaya hidup yang seharusnya saya jalani jika disesuaikan dengan penghasilan saya? Bagaimana cara saya dalam mengelola gaji yang saya peroleh setiap bulannya?

Jawaban:

Hakikatnya, jumlah gaji itu relatif, dalam arti bahwa setiap orang tidak dapat disamaratakan dalam penilaian apakah suatu gaji atau penghasilannya besar ataukah kecil. 

Karena bisa jadi orang yang memiliki penghasilan sebesar Rp. 3 juta seperti Anda akan menganggap itu sebagai gaji yang besar karena kebutuhannya masih sebatas Rp. 1 juta perbulan. Namun bisa jadi juga orang yang memiliki gaji sebesar Rp. 9 juta perbulan menganggap penghasilannya kecil karena pengeluaran perbulannya mencapai Rp. 12 juta.

Yang jelas, berapa pun penghasilan yang diperoleh, setiap orang perlu melakukan pengelolaan atas penghasilannya tersebut, begitu pula Anda, dengan tujuan agar hidup tidak menjadi seperti pepatah yang menyatakan ‘besar pasak daripada tiang’. Artinya, sebisa mungkin orang harus menghindarkan dirinya dari pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan atau penghasilannya. 

Kalau memang penghasilan Anda Rp. 3 juta perbulan, maka Anda harus memastikan biaya hidup perbulannya agar tidak sampai mencapai lebih dari angka Rp. 3 juta. Nah, untuk tujuan itulah diperlukan rencana dalam pengelolaan anggaran dari penghasilan bulanan.

Dengan melakukan perencanaan atau budgeting, kita akan bisa melakukan perkiraan terlebih dulu mengenai biaya-biaya apa saja yang perlu kita keluarkan, dan seberapa besar jumlah pengeluaran untuk masing-masing biaya tersebut, kemudian berapa jumlah totalnya. Kalau kemudian hasil jumlah totalnya adalah melebihi besarnya penghasilan yang Anda terima, maka Anda bisa memangkas atau mengurangi bagian-bagian mana saja yang bisa dihilangkan atau setidaknya ditekan biayanya.

Di sinilah perlunya rencana dan pengelolaan. Sekilas, rencana itu tidak terkesan penting, khususnya bagi orang-orang yang terbiasa hidup dan melakukan pengeluaran untuk biaya hidupnya tanpa rencana apa-apa. 

Namun, sebagaimana kesuksesan dalam hal apapun membutuhkan perencanaan yang matang, begitu pula dalam hal pengelolaan anggaran bulanan ini. Selain itu, kalau dengan rencana yang baik saja orang terkadang mengalami kegagalan, apalagi kalau tanpa rencana?

Jadi, tetapkan untuk membuat rencana, kemudian patuhi rencana itu dengan baik. Tentu saja Anda tidak perlu kaku dalam mematuhinya, karena hidup sehari-hari pun terkadang tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. 

Kadang-kadang ada hal-hal tertentu yang mengharuskan kita melakukan pengeluaran mendadak. Jadi fleksibel saja, selama itu tidak menyalahi atau melebihi tingkat penghasilan bulanan.

Related

Tips 4431705470260508584

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item