Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain (Bagian 1)


Naviri Magazine - Di sekolah, bahasa Inggris bisa dibilang sebagai pelajaran bahasa asing yang wajib dipelajari. Kalau dulu pelajaran bahasa Inggris mulai diberikan pada tingkat SMP atau SMA, maka sekarang bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan semenjak SD. 

Tetapi bahasa asing yang diajarkan di suatu sekolah terkadang tidak hanya bahasa Inggris saja. Di beberapa sekolah juga terkadang diajarkan bahasa asing lain, semisal bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Prancis dan lain-lain.

Kalau kamu termasuk orang yang mudah belajar bahasa asing, kamu patut bersyukur, karena tidak setiap orang dapat mudah menyerap pelajaran bahasa asing. Tetapi, kalau kamu termasuk orang yang agak kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, tip berikut ini akan banyak membantumu.

Siapkanlah kamus yang lengkap

Ketika mempelajari bahasa asing, modal pertama yang juga utama adalah buku kamus. Bisa dikatakan kalau kamus adalah buku yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang belajar bahasa asing. Hanya saja, karena buku kamus biasanya berukuran besar, tebal dan berat, orang pun jadi malas menggunakan kamus.

Ketika orang merasa malas membuka buku kamus yang tebal, biasanya yang akan digunakannya kemudian adalah kamus elektronik. Pada saat ini memang sudah ada software atau perangkat lunak yang berfungsi sama seperti kamus, yang juga dapat digunakan secara mudah dan praktis di komputer. Orang tinggal mengetikkan suatu kata atau kalimat tertentu dan kemudian akan dimunculkan artinya.

Yang menjadi masalah, kamus elektronik biasanya kurang komprehensif atau kurang lengkap dalam memberikan arti kosakata, sehingga tidak jarang arti yang diberikan malah keliru. 

Kamus elektronik memang sesuatu yang sangat bermanfaat sekaligus praktis dalam kebutuhan sehari-hari dalam hal penggunaan kata-kata asing, tetapi itu bukanlah alat terbaik dalam menunjang proses pembelajaran ketika kita baru mulai belajar suatu bahasa asing.

Karenanya, kalau kita baru belajar suatu bahasa asing, akan lebih baik jika kita menggunakan buku kamus sebagai pegangan. Sedang kamus elektronik dapat dijadikan sebagai semacam pelengkap yang praktis.

Buatlah kamus pribadi

Sebagaimana yang disebutkan di atas, besarnya ukuran buku kamus sering menjadikan orang merasa segan menggunakannya, atau setidaknya malas membawa-bawanya. Karena pertimbangan semacam itu, orang pun lalu beralih pada kamus berukuran kecil atau pocket dictionary dengan tujuan dapat membawa-bawa kamus itu dengan mudah.

Pilihan atas buku kamus kecil tentu saja bukanlah pilihan keliru, selama buku kamus tersebut disusun dan diterbitkan oleh penerbit yang terpercaya. Nah, untuk melengkapi kamus kecil itu, ada baiknya pula kamu membikin semacam kamus pribadi. 

Kamus kecil atau pocket dictionary biasanya telah diusahakan hanya menyusun kata-kata yang terkenal—tetapi kata-kata di dalam kamus itu belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu. Karenanya, untuk melengkapinya, kamu perlu memiliki kamus pribadi.

Apa yang dimaksud dengan kamus pribadi? Siapkanlah sebuah buku kecil, kemudian gunakan buku itu untuk mencatat kata-kata baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. 

Jadi, kalau kamu mendapati suatu kata baru dalam bahasa asing yang tengah kamu pelajari itu, catatlah dalam bukumu. Dengan cara seperti itu, kamus buatanmu itu bukan hanya akan ringkas dan praktis, tetapi juga akan sesuai dengan karakter pembelajaranmu.

Belajarlah dengan banyak media

Ketika mempelajari suatu bahasa asing tertentu, akan sangat membantu kalau kamu melengkapi proses pembelajaranmu dengan media-media yang memungkinkanmu semakin mudah dalam belajar bahasa asing itu. Untuk hal ini, kamu bisa menonton film di VCD atau DVD yang menggunakan bahasa asing tersebut, tanpa melihat teksnya. 

Baca lanjutannya: Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain (Bagian 2)

Related

Tips 6895684618439035131

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item