Tips Sukses Belajar Matematika (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Tips Sukses Belajar Matematika - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Selain itu, jangan segan dan malu untuk bertanya. Ingat, matematika adalah pelajaran yang urut. Jika kamu tidak paham pada materi pelajaran hari ini, kamu juga akan bingung mencerna materi pelajaran yang akan datang. Karena itulah biasakan untuk bertanya kalau kamu memang merasa belum dapat memahaminya.

Percayalah selalu bahwa gurumu tidak akan menertawakan pertanyaanmu, beliau justru akan senang dengan pertanyaanmu, karena itu merupakan tanda kamu serius mempelajari pelajaran itu. Perbedaan antara orang pintar dan orang bodoh selalu diawali dari keberaniannya untuk bertanya.

Selalu kerjakan tugas PR

Matematika tak jauh beda dengan pelajaran lain, sesekali juga memiliki PR yang harus dikerjakan di rumah. Kalau biasanya kamu ogah-ogahan atau malas dalam mengerjakan PR matematika, sekaranglah waktunya untuk mengubah kebiasaan itu. 

Pahami sajalah bahwa PR itu adalah sarana bagimu untuk latihan dalam mendalami matematika. Tanpa PR, kamu tidak punya kesempatan untuk latihan. Dengan adanya PR, kamu akan jadi punya alasan untuk berlatih.

Dengan adanya PR matematika yang harus dikerjakan, kamu bisa menggunakan PR itu untuk bertanya-tanya pada orang lain yang tahu pelajaran itu, entah kakak atau orang tuamu, atau juga kawan-kawan sekelasmu yang kebetulan pintar dalam matematika. Hal itu akan memberimu kesempatan untuk belajar lagi, untuk semakin memahami materi-materi yang mungkin belum terlalu kamu pahami. 

Selain itu, belajar matematika dengan orang yang akrab denganmu, semisal kawan atau kakak, akan membuatmu semakin nyaman dalam bertanya-tanya. Penjelasan mereka pun mungkin akan lebih dapat kamu pahami, karena mereka akan menjelaskan dengan bahasa sehari-hari. 

PR matematika tidak perlu membuatmu pusing, ia adalah pendorong agar kamu semakin rajin. Karena itu, kerjakanlah PR itu dengan baik dan penuh semangat.

Ulangi pelajaran yang telah diberikan

Dalam hal pelajaran matematika, tidak sedikit siswa yang mengeluh seperti ini, “Aku heran. Sewaktu di dalam kelas, aku merasa paham dengan keterangan yang diberikan. Tapi begitu keluar dari kelas, aku jadi tidak ingat sama sekali.”

Kalau kamu juga merasa mengalami hal semacam itu, kamu bisa mengatasinya dengan cara membaca kembali buku pelajaranmu setelah pulang sekolah. Matematika memang pelajaran yang tak bisa mengandalkan pemahaman semata-mata, tetapi juga ingatan. 

Sesuatu yang rumit mungkin dapat kamu pahami jika kamu memang menyimak penjelasannya. Tetapi jika itu tidak ditunjang dengan ingatan yang cukup, maka pemahamanmu atas penjelasan itu pun akan cepat sirna. 

Karenanya, bukalah kembali buku matematika milikmu, setelah kamu sampai di rumah. Dengan membaca kembali, kamu akan “memanggil” ingatanmu tadi siang saat kamu paham dengan keterangan gurumu di kelas. Jika kamu mau rutin melakukan ini, keluhan seperti di atas pun tidak akan terdengar lagi.

Bermain-main dengan matematika

Jangan anggap matematika sebagai semacam “monster” menakutkan sehingga kamu malah menjauhinya. Anggap saja matematika sebagai kawan yang menyenangkan agar kamu merasa ingin terus mendekatinya. Bagaimana caranya? Cara yang mudah adalah dengan mengubah persepsimu.

Untuk mulai mengubah pemikiranmu atas matematika, kamu bisa memulainya dengan cara bermain-main sesuatu yang menggunakan matematika. Bermain sudoku, misalnya. Sudoku adalah permainan angka yang sangat mengasyikkan, dan biasanya hanya dapat dimainkan jika kamu paham ilmu hitung.

Selain itu, kamu bisa belajar main tebak-tebakan asyik dengan menggunakan matematika. Contohnya seperti ini. Coba, simpanlah satu angka dalam pikiranmu. Kamu bebas memilih angka berapa saja, genap ataupun ganjil, asal bukan nol. Sebut ini sebagai angka awal. Ingat angka itu dalam pikiranmu, tapi jangan katakan pada siapa-siapa.

Setelah kamu menentukan angka awal, kalikan angka itu dengan angka 5. Jika sudah, tambahkan hasil perkalian tersebut dengan angka awal yang tadi kamu pilih. Sudah? Kalau begitu, sekarang hasil penjumlahan itu dibagi dengan angka awal tadi. Nah…saya tahu hasil angkanya. Pasti enam!

Related

Tips 5393208608734033155

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item