Apa sih Sound Card itu? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Sound Card adalah kartu suara, yaitu suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.

Selain Sound Card, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Socket A

Sebuah sistem socket yang diciptakan untuk dapat menerima kaki-kaki prosesor buatan AMD, dan digunakan untuk menancapkan prosesor seri Athlon.

Socks

Software yang memungkinkan host di dalam firewall untuk berkomunikasi dengan host lain di luar firewall (internet).

SO-DIMM

Singkatan dari Small Outline DIMM, yaitu suatu versi yang lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin, dan merupakan memori yang memiliki interface 32 bit. Sedangkan yang kedua adalah jenis yang memiliki 144 pin, dan merupakan memori yang memiliki interface 64 bit.

Solaris

Dikenal pula dengan sebutan Solaris Operating Environment, yaitu sistem operasi yang didasarkan pada UNIX SunOS milik Sun Microsystems. Solaris dirilis di bawah lisensi Sommon Development and Distribution License. Versi awal Solaris yang didasari oleh BSD UNIX diberi nama SunOS.

Sone

Satuan tingkat kebisingan. Berbeda dengan dB(A)/dBA (decibels adjusted) yang dihitung berdasarkan tingkat kebisingan absolut, sone adalah tingkat kebisingan yang diukur secara subjektif, dengan membandingkan sumber suara dengan nilai SPL tertentu. Skala dari sone merupakan skala linier, yang dirasakan beberapa pihak lebih mudah untuk dimengerti.

Source Code  

Kode sumber yang dapat dikembangkan oleh pengguna. Kalimat-kalimat dan intruksi pemrograman yang ditulis oleh programmer. Source code tidak dapat langsung dijalankan oleh komputer, namun harus dikonversikan terlebih dulu ke dalam bahasa mesin oleh compilers, assemblers, atau interpreters.

Southbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management, dan perangkat lain. Jenis chip lainnya adalah Northbridge.

Spam 

Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail, bisa berupa pesan yang tak berarti atau iklan yang kurang berguna. Terkadang pula disebut junk e-mail, atau e-mail sampah.

Spammer

Orang yang mengirim spam dalam jumlah besar ke sejumlah orang atau group melalui e-mail.

Spamming

Kegiatan mengirimkan e-mail sampah ke alamat e-mail orang lain.

SPDIF

Singkatan dari Sony/Philips Digital Interface, yaitu standar format transfer audio. SPDIF memungkinkan untuk bisa melakukan transfer sinyal digital audio dari satu alat ke alat lain tanpa harus mengubahnya ke format digital.

Speech Synthesizer

Pengolah suara.

Spider

Program penjelajah World Wide Web. Biasanya digunakan search engine internet.

Spindle

Tangkai yang berputar pada sebuah disk drive. Di dalam harddisk, spindle mengarah pada poros tiang dari piringan tempat menampung data atau platter.

Splash Page

Halaman pertama yang biasanya berupa homepage dari sebuah website yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau penuntun menuju halaman web berikutnya.

Splog

Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan konten-konten spam. Splog biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dan dikombinasikan dengan link-link situs tertentu.

Spreadsheet

Suatu halaman besar yang berisi tabel, atau program aplikasi tabulasi dan pengolahan data pada komputer.

SQL 

Singkatan dari Structured Query Language, yaitu bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan pengalamatan tertentu) terhadap sebuah database. 

Kebanyakan software database yang ada saat ini dapat diakses melalui SQL. Setiap aplikasi yang spesifik dapat mengimplementasikan SQL secara sedikit berbeda, tapi seluruh database SQL mendukung subset standar yang ada. 

Related

Technology 3383818552066598133

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item