Apa yang Disebut ROM BIOS? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - ROM BIOS adalah singkatan BIOS Read Only Memory, yaitu chip BIOS di dalam motherboard yang berisi program. Bisa dibaca, tetapi tidak dapat diubah settingnya.

Selain ROM BIOS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MCP

Singkatan dari Multi-chip package, yaitu sebuah kombinasi perangkat semi konduktor dalam satu paket, biasanya SRAM dan Flash.

Media Kit

File yang berisi informasi mengenai penjelasan bisnis atau produk.

Media Planner

Orang yang mengatur perencanaan kampanye iklan (ad campaigns).

Media Streaming

Teknik untuk mentransfer media, baik berupa audio atau video, dengan cara menampilkan data, meskipun file tersebut belum selesai di-download. Untuk audio, standar yang biasa digunakan adalah RealAudio.

Mega

Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000).

Megabit

Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000) bits.

Member 

Anggota. Member ID = identitas anggota, member name = nama anggota. 

Memo-to-Users 

File yang disimpan dalam tape dan berisi informasi layanan khusus suatu produk. 

Menu 

Daftar pilihan perintah yang tersedia bagi pengguna sebuah program komputer, atau daftar pilihan perintah yang terpampang di layar monitor. 

Menu Item 

Suatu pilihan dalam sebuah menu. 

Merchant 

Pedagang atau perusahaan dalam internet yang memberikan komisi, yaitu suatu strategi penjualan secara online. Merchant juga bisa diartikan sebagai tempat pemasaran dan penjualan barang atau jasa di internet.

Merchant Account

Rekening bank komersial yang dibuat berdasarkan perjanjian yang telah disepakati oleh pihak pengelola bisnis dan pihak bank. Merchant account memungkinkan pihak pengelola bisnis menerima pembayaran dari pelanggannya melalui kartu kredit. Secara mudahnya, merchant account berfungsi sama seperti tabungan atau nomor rekening di bank.

Merchant Agreement

Perjanjian yang harus disepakati antara Merchant dengan Provider Merchant Acccount.

Merge 

Menggabungkan beberapa file atau objek menjadi satu tanpa mengubah urutannya. 

Message 

Pesan, sekelompok karakter yang secara keseluruhan memiliki arti dan selalu diperlakukan sebagai sebuah kesatuan. Dalam pemrograman, Message berorientasi sebagai permintaan ke sebuah objek untuk mengubah keadaan atau mengembalikan nilai tertentu, atau operasi yang dilakukan sebuah objek atas objek lain. 

Messenger

Pembawa pesan untuk pengguna jaringan. Sistem ini merupakan sistem yang cukup komplet. Selain tugas utamanya untuk membawa pesan antar pengguna komputer jaringan, juga disediakan bermacam fasilitas yang lain, seperti mengetahui siapa saja yang sedang online, dan sebagainya. Messenger digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang atau lebih (conference), selain komunikasi teks (message), juga bisa berupa komunikasi suara (voice) ataupun video.

Metablogging 

Aktivitas menulis artikel tentang blogging.

Metal Gear Solid

Game dengan genre stealth action yang dikembangkan oleh Konami. Game ini pertama kali dimainkan untuk konsol PlayStation pada tahun 1998 dengan tingkat usia pemain di atas 15 tahun, dengan modus single player.

Meta Refresh

Sebuah kode yang dibuat dalam sebuah halaman website, yang memungkinkan pengunjung website bisa secara otomatis berpindah ke halaman yang baru.

Meta Tag 

Rangkaian kata-kata deskripsi tentang suatu dokumen di sebuah website/homepage. Label HTML khusus yang berisi informasi yang biasanya tidak ditampilkan kepada penguna. Tag ini berisi informasi tentang halaman itu sendiri, (istilah ‘meta’ di sini berarti ‘tentang hal ini’). Meta tag digunakan untuk meningkatkan kemampuan mesin pencari dalam mengkategorikan suatu halaman. 

Meta Tag Generator

Sebuah software atau pelayanan online yang menyediakan meta tag berdasarkan informasi yang telah dimasukkan.

Method 

Fungsi prosedur yang melaksanakan respon ketika sebuah pesan dikirim ke sebuah objek, dan menentukan bagaimana objek tersebut akan bereaksi terhadap pesan yang dimaksud. 

Related

Technology 5930236067054344748

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item