Apakah Skizopfenia Sama dengan Memiliki Kepribadian Ganda? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Mitos di masyarakat menganggap kalau schizophrenia sama artinya dengan kepribadian ganda (multiple personality disorder – MPD). Dalam sebuah survey, 77% mahasiswa psikologi percaya kalau penderita schizophrenia (skizopfenia) adalah pemilik kepribadian ganda. 

Fim Me, Myself, and Irene, yang diperankan Jim Carrey, juga mengeksploitasi mitos ini. Ia didiagnosa menderita schizophrenia, padahal kenyataannya ia menderita kepribadian ganda. 

Pada kenyataannya, dua penyakit ini sangat berbeda. Penderita MPD memiliki dua atau lebih kepribadian dalam dirinya dalam satu waktu. Dan banyak ahli psikologi yang ragu kalau penyakit seperti ini benar-benar ada. 

Schizophrenia sebaliknya, memiliki fungsi psikologi yang terpisah-pisah, khususnya emosi dan berpikir. Bagi orang normal, apa yang kita rasakan dan pikirkan sekarang akan berhubungan erat dengan apa yang kita rasakan dan pikirkan beberapa saat lagi. 

Tapi bagi penderita schizophrenia, pikiran dan emosi tersebut dapat berubah begitu cepat dan ekstrem. Kepribadiannya tetap sama, hanya saja emosi dan pikirannya yang tidak terprediksi. Akibatnya, orang skizophrenia justru memiliki risiko rendah melakukan bunuh diri, mengalami depresi, ketakutan, penyalahgunaan narkoba, pengangguran, dan tuna wisma. 

Wajar saja, bila sekarang ia merasa begitu sedih, beberapa saat lagi ia menjadi sangat senang. Bagi orang normal, sekarang ia merasa begitu sedih, beberapa saat lagi mungkin ia akan bunuh diri atau depresi. 

Seperti kata Irving Gottesman, “penyalahgunaan istilah schizophrenia dalam merujuk kebijakan luar negeri Amerika Serikat, pasar saham, atau ketidaksesuaian sesuatu dengan harapan seseorang, tidaklah sama dengan masalah kesehatan umum dan penderitaan dengan penyakit yang paling sulit dipahami dari pikiran manusia ini.”

Related

Science 7651570073393421207

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item