Asal Usul dan Kisah Kehidupan Apocalypse, Mutan Terkuat di Dunia Marvel (Bagian 1)


Naviri Magazine - Apocalypse (En Sabah Nur) adalah mutan pertama di dunia. Sosok mutan yang sudah hidup sejak zaman Mesir kuno ini adalah salah satu musuh terkuat X-Men. 

Bahkan, berkat kekuatan besar yang ia miliki, dalam beberapa peradaban kuno, Apocalypse disembah layaknya tuhan. Tidak ada tempat bagi mahluk lemah dalam dunia yang dipimpin Apocalypse, karena ia berkeyakinan hanya yang terkuat yang pantas hidup.

Asal usul Apocalypse dalam komik

Kisah hidup Apocalypse dimulai hampir 5000 tahun lalu, pada masa-masa awal dinasti kerajaan Mesir. Lahir di Akkaba dengan warna kulit abu-abu (dalam beberapa versi memiliki warna kulit berbeda) dan bibir biru serta garis aneh di wajahnya, Apocalypse dibuang sukunya sendiri ketika masih bayi.

Beruntung, bayi mutan ini ditemukan sebuah suku pengelana gurun pasir, bernama 'Sandstormers' yang dipimpin oleh Baal. Baal, yang melihat potensi kekuatan besar bayi berwujud aneh ini, memutuskan untuk membesarkannya, dan memberinya nama En Sabah Nur. Nama 'En Sabah Nur' berasal dari bahasa Arab, yang bermakna 'Cahaya Pagi'.

Tumbuh besar di tengah suku pengelana, En Sabah Nur muda diajar tentang prinsip hidup yang dipegang anggota suku, yaitu hanya yang terkuat yang pantas hidup, sedangkan yang lemah hanya akan menjadi beban. 

En Sabah Nur tumbuh menjadi sosok kuat dan cerdas, melebihi semua anggota suku, kecuali Baal. Kelebihan ini sempat membuat ia dibenci dan ditakuti, namun En Sabah Nur belajar untuk tidak terlalu menghiraukan. 

Ketika terjadi peristiwa pembantaian suku 'Sandstormers' oleh Ozymandias, En Sabah Nur dan Baal adalah dua orang yang selamat dari peristiwa tersebut. Mereka berdua berlindung di sebuah gua, yang jalan keluarnya tertutup reruntuhan. 

Mereka terperangkap di dalam gua selama seminggu, sebelum akhirnya menemukan sisa-sisa kapal penjelajah waktu milik Rama-Tut, yang tidak lain adalah seorang Firaun pada masa itu.

Baal memberitahu En Sabah Nur bahwa Rama-Tut bukan dewa seperti yang banyak orang kira, melainkan seorang manusia yang datang dari masa depan. Baal juga memberitahu tentang ramalan yang mengatakan bahwa En Sabah Nur akan menjadi sang penakluk yang akan menggulingkan kekuasaan Rama-Tut. 

Tidak makan dan minum selama seminggu, Baal pun akhirnya meninggal, sedangkan En Sabah Nur selamat berkat fisik mutannya. Sejak saat itu, En Sabah Nur bersumpah akan membalas dendam kepada Rama-Tut atas kematian Baal, dan memenuhi takdirnya sebagai seorang penakluk.

Empat minggu kemudian, En Sabah Nur akhirnya menemukan jalan ke permukaan, dan ditemukan oleh Logo, seorang menteri Rama-Tut, yang memberinya air dan menyembunyikannya sebagai seorang budak. En Sabah Nur pun menyamar menjadi seorang budak demi bisa mendekati Rama-Tut.

Singkat cerita, setelah beberapa lama menyamar menjadi budak, En Sabah Nur akhirnya bertemu dengan Rama-Tut. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Rama-Tut sebenarnya seorang 'Time Traveler' yang datang dari masa depan, yang dikenal dengan nama 'Kang Sang penakluk'. 

Rama-Tut memang sengaja datang ke masa lalu untuk mencari En Sabah Nur muda, dan berencana menjadikannya pengikut. Rama-Tut tahu bahwa di masa depan, En Sabah Nur akan menjelma menjadi Apocalypse, sosok mutan terkuat yang pernah ada.

Namun, En Sabah Nur yang sudah dipenuhi dendam kesumat, menolak mentah-mentah tawaran Rama-Tut, dan malah mencoba membunuh sang Firaun. Pada saat itu, untuk pertama kalinya, Nephri yang merupakan adik perempuan Ozymandias melihat wajah asli En Sabah Nur. 

Nephri sempat tertarik dengan En Sabah Nur, yang sebelumnya selalu menutupi sebagian besar wajahnya. Tapi setelah melihat wajah asli sang mutan, Nephri pun menolak cinta En Sabah Nur.

Mendengar penolakan En Sabah Nur, Rama-Tut memutuskan membunuhnya dengan senjata canggih dari masa depan, lalu tubuhnya dibuang dan ditinggalkan begitu saja.

Di luar dugaan, kekuatan mutan terpendam En Sabah Nur tiba-tiba muncul. Ia pun bangkit dari kematian dengan kekuatan barunya, yaitu keabadian dan perubahan bentuk. Sejak saat itu, En Sabah Nur mengganti namanya menjadi 'Apocalypse'.

Berbekal kekuatan baru ini, Apocalypse berhasil mengalahkan Rama-Tut, namun ia berhasil kabur kembali ke masa depan. 

Apocalypse juga berhasil mengalahkan Ozymandias, dan akhirnya mengubah musuhnya itu menjadi mahluk berwujud pasir/tanah dengan teknologi milik Rama-Tut. Dalam wujud ini, Ozymandias mampu melihat masa depan, dan berperan sebagai saksi semua pencapaian Apocalypse sepanjang sejarah.

Lima puluh tahun kemudian, Apocalypse mendatangi Nephri, wanita yang pernah membuatnya patah hati. Saat itu, Nephri sudah menjadi nenek-nenek yang hanya bisa berbaring di tempat tidur. Apocalypse mencemooh wanita ini, yang sudah kehilangan kecantikan dan tubuh sehatnya, sangat kontras dengan kondisi Apocalypse sendiri, yang tetap berada dalam kondisi prima.

Latar belakang penciptaan karakter Apocalypse

Karakter Apocalypse diciptakan oleh penulis Louise Simonson dan artist Walter Simonson. Pertama kali muncul sebagai cameo dengan sosok yang sengaja disamarkan dalam komik 'X-Factor' vol. 1 Issue 5 (1986) sebelum  akhirnya muncul secara terang-terangan dalam issue selanjutnya. 

Banyak yang tidak tahu bahwa karakter Apocalypse merupakan pengganti karakter Owl (dikenal sebagai villain Daredevil) yang rencananya akan berperan sebagai musuh utama dalam komik X-Factor. Pergantian ini terjadi ketika Bob Layton, yang merupakan penulis komik X-Factor sebelumnya, digantikan oleh Louise Simonson.

Kekuatan dan kemampuan Apocalypse

Sepanjang hidupnya, Apocalypse terus berevolusi, kekuatannya pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Selain karena sudah hidup cukup lama, meningkatnya kekuatan super Apocalypse juga disebabkan oleh teknologi alien yang ia dapat dari sebuah kapal luar angkasa. 

Contohnya adalah armor yang biasa digunakan Apocalypse. Armor ini membuat Apocalypse mampu mengontrol setiap molekul tubuhnya lebih leluasa dari sebelumnya.

Baca lanjutannya: Asal Usul dan Kisah Kehidupan Apocalypse, Mutan Terkuat di Dunia Marvel (Bagian 2)

Related

Entertaintment 8712984752460689669

Recent

item